PENERAPAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN MADE II/ 476 SURABAYA

  • Ratna Anggraeni Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak: Penggunaan strategi pembelajaran yang tepat merupakan salah satu faktor keberhasilan dari suatu proses pembelajaran.Berdasarkan observasi peneliti di SDN Made II/ 476 Surabaya tempat peneliti mengajar, dalam pembelajaran guru masih menggunakan strategi pembelajaran lama. Guru hanya menggunakan strategi ceramah, sedangkan siswa hanya duduk diam dan mendengarkan penjelasan guru. Guru juga hanya terpaku pada buku paket. Hal ini membuat pembelajaran menjadi membosankan dan menimbulkan rasa malas pada siswa yang pada akhirnya berpengaruh pada nilai prestasi belajar siswa. Keadaan semacam ini juga mempengaruhi tingkat pemahaman siswa pada apa yang sedang dipelajari. Siswa hanya akan paham selama materi itu disampaikan. Namun sesudahnya siswa akan lupa begitu saja karena konsep yang tertanam dalam pikiran siswa kurang begitu kuat. Hal ini  mengakibatkan rendahnya nilai hasil belajar siswa yang masih di bawah KKM. Dari sinilah perlu adanya perubahan pada proses pembelajaran yang dapat membuat siswa merasa bahwa apa yang mereka pelajari menjadi lebih bermakna dan tidak mudah hilang meski waktu pelaksanaan pembelajaran sudah lewat. Tujuan penelitian ini adalah penerapan Quantum Learning untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN Made II No. 476, Surabaya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus, terdiri dari empat komponen yaitu: rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Made II No. 476, Surabaya yang berjumlah 40 siswa, terdiri dari 19 siswa perempuan dan 21 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan metode triangulasi data dengan instrument lembar observasi dan panduan wawancara guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan persentase.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Quantum Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 15% menjadi 82,5%. Lalu meningkat 7,5% pada siklus III menjadi 90%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Quantum Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Made II/476 Surabaya.

Kata Kunci : Quantum Learning, Pelajaran IPS, Hasil Belajar

 

Abstract: Using the right learning strategy is one of success factors from learning process. Based on the observation at SDN Made II/476 Surabaya, teachers still used the old learning way. Teachers just stand up in front of class and give lecture while their students just sit and listen to them quietly. Teachers just stuck on package book. This thing maDE the learning process become boring and create students become lazy which influence their school grades too. This kind of situation influences the understanding level of students about the lesson. Students just understand the lesson during the lecture. But after that, students will forget about it because the lesson was not strong enough to be placed on students’s minds. Because of this, their school grades are under the Completeness Minimum Criteria. Based on this situation, so their learning process needs a change so students will feel the lesson more and it’s not easily gone although the lesson time is passes. The goal of this research is to improve learning activities of students in Social Studies.The subject of this research is 4th grade students in SDN Made II No. 476, Surabaya. The total of students is 40; 19 girls and 21 boys. This research is a Classroom Action Research (CAR). The research is implemented in three cycles. Each cycles, there are four components; plan, action, observation, and reflection. Data is collected by triangulation method with observation sheet and interview guides toward teacher and students. The data analysis technique is a descriptive qualitative percentage. The results shows that implementation of Quantum Learning can improve student learning activities on the Social Studies. This increase is shown from cycle I to cycle II with 15% increasing become 82,5%. Then, in cycle III, the result increase frm 82,5% to 90%.

Keyword: Quantum Learning, Social Studies, Result of Learning.

Published
2015-07-01
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 31