PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR

  • Ratna Puspita Dewi Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak: Latar belakang penelitian ini adalah guru menggunakan metode bercerita dalam menyampaikan  materi pada mata pelajaran IPS. Pembelajaran cenderung berorientasi pada guru, sehingga kurang terjalin interaksi antara guru dengan siswa, dan siswa dengan siswa. Hal ini mengakibatkan kurangnya motivasi belajar pada siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas. Hasil belajar siswa juga belum memenuhi  kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan. Kondisi tersebut membutuhkan suatu pembelajaran yang dapat menyelaraskan ranah kognitif, afektif dan psikomotor yaitu dengan menerapkan metode pembelajarn role playing pada mata pelajaran IPS. Metode role playing diterapkan karena dapat membangun semangat dan antusiasme siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Kedunggempol, Mojokerto. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket dan tes hasil belajar siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, motivasi belajar dan hasil  belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan suatu peningkatan pada setiap aspek tujuan penelitian yang dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode role playing pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN Kedunggempol, Mojokerto.

Kata Kunci : IPS, metode role playing, motivasi belajar, hasil belajar

Abstract: The background of this research is the teacher use the conventional method or only explaining and talking in front of class in teach the material. Teaching learning prefer on the orientation of teacher centered, making the less interaction between the teachers and the students, also among the students. The teaching learning activities give the impact of the lack motivation of the students to attend the learning process in class. These conditions require a learning that can harmonize the cognitive, psychomotor and affective student was to apply the learning role playing method in social studies. Role playing method applied because it can built spirit and antusiasm student’s on learning. This study uses classroom action research. The subjects were all fifth grade students of Kedunggempol Elementary School, Mojokerto. Data were obtained through observation method, questionaries, and test. The instrument in this research was teacher and student’s observation sheets, motivation learning and study result. The results showed an improvement in every aspect of the purpose of research conducted. Based on these results it can be concluded that the application of role playing method can improve the student’s learning motivation and study result on Kedunggempol Elementary School, Mojokerto.

Keywords: Social studies, role playing method, learning motivation, study result

Published
2015-07-01
Abstract Views: 108
PDF Downloads: 128