PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SEKOLAH DASAR

  • Reny Marini Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak: Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti pada tanggal 06 September 2013 pada pembelajaran tematik, belum terlihat pembelajaran tematik yang sebenarnya. Pembelajaran masih menekankan pada sejumlah fakta dan konsep. Guru juga masih sering menggunakan metode ceramah, meskipun kadang diselingi dengan metode tanya jawab, namun guru belum mampu mengkondisikan siswa untuk fokus pada materi. Masih banyak siswa yang bercengkrama dengan teman sebangkunya, ada yang memukul-mukul meja bahkan ada yang mengantuk. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas I SDN Jotangan Kecamatan Mojosari Mojokerto melalui penerapan model kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran tematik Matematika dan Bahasa Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SDN Jotangan  Kecamatan Mojosari Mojokerto. Data penelitian diperoleh melalui observasi, dan tes. Data hasil observasi aktivitas guru dan siswa dianalisis dalam bentuk persentase. Data tes hasil belajar siswa dianalisis berdasarkan persentase ketuntasan belajar secara individu dan klasikal kemudian dijabarkan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase aktivitas guru dan siswa pada siklus I dan siklus II. Aktivitas guru mengalami peningkatan sebesar 23,75% yaitu dari 67,79% pada siklus I menjadi 86% pada siklus II. Sedangkan aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 19,30%, yaitu dari 73,2% pada siklus I menjadi 89,25% pada siklus II. Hasil belajar yang diperoleh siswa kelas I SDN Jotangan Mojosari Mojokerto mengalami peningkatan. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar  pada mata pelajaran Bahasa Indonesia 74%  dan matematika 71% pada siklus I menjadi 91% padamata pelajaran Bahasa Indonesia dan 91% pada mata pelajaran matematika pada siklus II. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Model pembelajaran Kooperatif tipe STAD, Hasil belajar,Tematik.

 

Abstract: Based on the results of observations made by researchers at the date of September 6, 2013 on thematic learning, have not seen the actual thematic learning. Learning is focused on a number of facts and concepts. Teachers are also still often use the lecture method, although sometimes interspersed with question and answer method, but the teacher has not been able to condition the student to focus on material. There are many students who are chatting with friends sebangkunya, there banging the table and some have sleepy. This study aimed to describe the activities of the teacher, student activities, and student learning outcomes of class I SDN Jotangan Mojosari District of Mojokerto through the application of STAD cooperative models in thematic learning Mathematics and Indonesian. This type of research is action research that consists of 2 cycles. Each cycle is carried out through four stages: planning, implementation, observation, and reflection. The subjects were all students of class I SDN Jotangan Mojosari District of Mojokerto. Data were obtained through observation, and testing. Data resulting from the activity of the teacher and student observations analyzed in terms of percentage. Student achievement test data were analyzed based on the percentage of mastery learning individually and then classically described descriptively. The results showed an increase in the percentage of all teachers and students in the first cycle and second cycle. Teacher activity increased by 23.75% from 67.79% in the first cycle to 86% in the second cycle. While the student activity increased by 19.30%, from 73.2% in the first cycle to 89.25% in the second cycle. Student learning outcomes acquired SDN Jotangan class I Mojosari Mojokerto has increased. Mastery learning in classical students increased by the Indonesian subjects 74% and 71% maths in the first cycle to 91% padamata Indonesian subjects and 91% in mathematics in the second cycle. Based on the obtained results it can be concluded that the application of the model STAD cooperative learning can improve student learning outcomes.

Keywords: Model STAD Cooperative Learning, learning outcomes, Thematic
Published
2015-07-01
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 606