PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA TEMA PERISTIWA DISEKOLAH DASAR

  • Riska Agus Wilanda Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak: Penelitian ini di latar belakangi karena masih banyak di temukan siswa kelas II SDN Sentanan Kec. Magersai Kota Mojokerto yang belum paham mengenai pembelajaran tematik. Tidak hanya siswa, guru masih mengalami kesulitan dalam menerapkan pembelajaran tematik. Hal ini disebabkan karena guru tidak menggunakan model pembelajaran langsung dan kurang kreatifnya guru dalam menentukan tema yang sesuai serta kurangnya benda-benda konkrit yang dihadirkan pada saat proses pembelajaran. Oleh karena itu, solusi yang sesuai untuk mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa setelah menggunakan model pembelajaran langsung dengan tema peristiwa dan mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran langsung  dengan tema peristiwa. Model pembelajaran langsung adalah salah satu pendekatan mengajar yang dirancang khusus untuk menunjang proses belajar siswa yang berkaitan dengan pengetahuan deklaratif dan pengetahuan prosedural yang terstruktur dengan baik yang dapat diajarkan dengan pola kegiatan yang bertahap, selangkah demi selangkah.Sedangkan tema adalah pokok pikiran atau gagasan yang menjadi pokok pembicaraan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Sentanan Kec. Magersari Kota Mojokerto yang berjumlah 19 siswa. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase aktivitas guru mengalami peningkatan 67,8% pada siklus I menjadi 82,1% pada siklus II. Aktivitas siswa mengalami peningkatan 70,8% pada siklus I dan menjadi 87,5% pada siklus II. Hasil tes mata pelajaran Matematika mengalami peningkatan 63,1% pada siklus I dan menjadi 89,4% pada siklus II. Hasil tes mata Bahasa Indonesia mengalami peningkatan 52,6% pada siklus I dan menjadi 73,7% pada siklus II. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajara langsung pada tema peristiwa dapat meningkatkan hasil eblajar siswa kelas II SDN Sentanan Kec. Magersari Kota Mojokerto.

Kata Kunci: model pembelajaran langsung, hasil belajar, tema peristiwa.

 

Abstract: The background of this research is about lots of students found in the 2nd grade of SDN Sentanan Mojokerto, do not understand about the thematic learning. Not only students, teachers still have lot of problems in implementing thematic learning to the students. The problem is exist because they do not use the solution to solve the problem is by using a direct instructional model. The purpose of this research is to describe the activities of teachers and studentsafter using the direct learning method which focus on the event, and the effect after applied this method. The direct learning of teaching methodis one solution that specifically designed to support students’ leraning processes to build basic knowledge and procedural knowledge that can be taught with a step-by-step activity patterns. Whereas theme is principal theme thoughts or ideas into subject. The subject of this study were second grade students of SDN Sentanan Mojokerto district of Magersari totaling 19 students. The research used descriptive qualitative and quantitative descriptive. Data collection using observation sheets and tests student learning outcomes. The resultsshowed that the percentage of teacher activity increased 67,8% in the first cycle to 82,1% in the second cycle. Student activity increased 70,8% in the first cycle and to 87,5% in the second cycle. Math test results increased 52,6% in the first cycle and became 73,7% in the second cycle. From these results it can be concluded that the use of direct instructional model on the theme of the event can improve student learning outcomes Sentanan class 2nd Elementary School District of Magersari Mojokerto..

Keywords: direct instructional model, learning outcomes, theme events.
Published
2015-07-01
Abstract Views: 49
PDF Downloads: 438