PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV

  • Rochmatin - - Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak:Tujuan penelitian adalah Mendeskripsikan aktivitas guru selama penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN Simpang Prambon Sidoarjo,  Mendeskripsikan aktivitas siswa selama penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN Simpang Prambon Sidoarjo, Mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN Simpang Prambon Sidoarjo, Mendeskripsikan respon siswa setelah penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN Simpang Prambon Sidoarjo.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.Berdasarkan data penelitian dan dasar pelaksanaan dapat disimpulkan bahwa,Aktivitas guru dalam pembelajaran dengan menggunakan metode Kooperatif tipe STAD meningkat pada setiap siklusnya. Peningkatan tersebut menjadikan peran guru sebagai sutradara dalam pembelajaran yang merupakan ranah penting keberhasilan suatu pembelajaran.Aktivitas siswa dalam pembelajaran menggunakan metode Kooperatif tipe STAD meningkat pada setiap siklusnya. Aspek pengungkapan stimulus, presentasi hasil kerja kelompok, mengungkapkan pendapat dan mempertentangkan pendapat merupakan kegiatan yang sangat memacu keaktifan siswa dalam pembelajaran. Hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Kooperatif tipe STAD meningkat pada setiap siklusnya. Peningkatan ini menyeluruh dari ketiga ranah pembelajaran yaitu kognitif, afektif dan psikomotor. Keselarasan ketiga ranah ini tidak dapat terpisahkan dalam keberhasilan suatu pembelajaran. Menggunakan metode Kooperatif tipe STAD membantu siswa memahami materi, memancing pemikiran siswa terhadap kegiatan evaluasi dan menanamkan nilai jiwa ber-koperasi yang terkandung dalam pembelajaran Respon siswa dalam pembelajaran sangat bagus. Hal ini terlihat dari antusiasme siswa dalam pembelajaran, tanggapan siswa terhadap media dalam materi pembelajaran.

Kata Kunci : metode kooperatif tipe STAD, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS

 

 

Abstract: The purpose of the study was to describe the activities of teachers during the implementation of STAD cooperative learning methods in social studies classes SDN Simpang Prambon Sidoarjo , to describe the activities of the students during the application method STAD cooperative learning in social studies classes SDN Simpang Prambon Sidoarjo ,  Describe the student learning outcomes after the implementation of STAD cooperative learning methods in social studies classes SDN Simpang Prambon Sidoarjo ,  Describe the student's response after the application of the method STAD cooperative learning in social studies classes SDN Simpang Prambon Sidoarjo .This study uses action research ( action research) as two cycles . Each cycle consists of four phases: design , activity and observation , reflection , and refisi  . Data obtained in the form of formative test results , observation sheets and learning activities .Based on research data and basic implementation can be concluded that : the teacher in the learning activities using STAD Cooperative increased in each cycle . This increase makes the role of the teacher as a director in the realm of learning is an important success of learning students in the learning activities using STAD Cooperative increased in each cycle . Aspects of the disclosure of the stimulus , presentation of the group's work , express opinions and contrasting opinions are very spur activity in the learning activity of students . Results of the students' learning by using STAD Cooperative increased in each cycle . This increase overall from the three domains of learning ie cognitive , affective and psychomotor . The third alignment sphere can not be separated in the success of learning . Using STAD Cooperative methods help students understand the material , to provoke students' thinking and evaluation activities instill life values ​​contained air- cooperative learning. The response of students in learning is very good . This is evident from the enthusiasm of students in learning , students' responses to the media in the learning material .

Keywords : STAD cooperative methods , Results Learning , Social Studeies.


Published
2015-07-01
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 64