PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PERCAKAPAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI BAGI SISWA KELAS VI SDN PARINGAN 2 MOJOKERTO

  • Siswanto - - Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak: Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa sekolah dasar. Melalui keterampilan menulis, siswa sekolah dasar dapat memunculkan ide dan menuangkan kedalam bentuk tulisan dengan baik. Hasil Pengamatan menunjukkan bahwa siswa kelas VI SDN Paringan 2 Mojokerto belum mampu memunculkan ide dan menuangkan ide kedalam bentuk tulisan percakapan. Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu: (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis percakapan dengan mengunakan media gambar berseri, (2) hasil belajar, (3) kendala–kendala yang muncul dan cara mengatasinya. Subjek penelitian ini yaitu Siswa SDN Paringan 2 Mojokerto. Rancangan yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes, dan catatan lapangan. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media gambar berseri dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan penelitian ini dikatakan berhasil.

Kata kunci: keterampilan menulis percakapan, media gambar berseri.

 

 

Abstract: Writing skills is one of the language skills that must be mastered by elementary school students. Through writing skills, elementary school students can come up ideas and arrange into written form well. Observations indicate that the sixth grade students of Stae Elementari School Paringan 2 Mojokerto not been able to come up with ideas and create into  conversation text. This study has the objective, namely: (1) describe the implementation of learning writing skills by using conversational media beamed images, (2) learning outcomes, (3) the problems that arise and how to overcome them. These subjects are students of Stae Elementari School Paringan 2 Mojokerto. The design used in this study is action research conducted in two cycles. Data collection techniques in this study use observation, testing, and field notes. The data were analyzed by descriptive qualitative and quantitative. Results showed that media images beamed can improve student learning outcomes and this research is successful.

Keywords: conversational writing skills, media images beamed.

Published
2015-07-01
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 80