PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Siti Maria Ulfa Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak:Tujuan dari peelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas guru,  mendeskripsikan aktivitas siswa, mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS tentang keragaman kenampakan alam dengan menggunakan model kooperatif tipe NHT di Kelas V di SDN Gadingmangu I Perak Jombang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus.Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gadingmangu I Perak Jombang. Data penelitian diperoleh melalui observasi, tes,respon siswa. Data hasil observasi aktivitas guru dan siswa dianalisis dalam bentuk persentase.Data tes hasil belajar dan respon siswadianalisis berdasarkan persentase ketuntasan belajar secara individu dan klasikal kemudian dijabarkan secara deskriptif.Berdasarkan analisis data penelitian siklus I sampai siklus III diperoleh adanya peningkatan persentase aktivitas guru, siswa dan hasil belajar. Aktivitas guru mengalami peningkatan 34,12% yaitu pada siklus I sebesar 58,88%,pada siklus II sebesar 77,96%,dan pada siklus III sebesar 93%. Sedangkan aktivitas siswa mengalami peningkatan 21,63% yaitu pada siklus I sebesar 64,73%,pada siklus II sebesar 78,57%, dan pada siklus III sebesar 86% . Hasil belajar yang diperoleh siswa kelas V SDN Gadingmangu I Perak Jombang mengalami peningkatan.ketuntasan belajar siswa secara klasikal mengalam peningkatan sebesar 43,33%. Pada siklus I persentase ketuntasan sebesar 43,33%, siklus II sebesar 66,66% dan siklus III sebesar 86,66%. Pada siklus III aktivitas guru dan siswa dinyatakan sangat baik.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi keampakan alam dan buatan kelas V SDN Gadingmangu I Perak Jombang.

Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif NHT, hasil belajar, IPS.

 

 

Abstract: The purpose of this research is to describe teacher activity, student activity, improving student learning result in social studies learning about the diversity of natural features using the cooperative model of NHT in Class V in state elementary school Gadingmangu I Perak Jombang. This type of researchisaction researchthat consistsof3cycles. Eachcycleis carried out throughfourstages: planning, implementation, observation, andreflection. The subjects wereall students ofclassVstate elementary schoolGadingmanguIPerakJombang. Datawere obtainedthroughobservation, tests, student responses. Data resulting fromthe activity ofthe teacher and studentobservationsanalyzedin terms of percentage. Achievement testdataandstudent responseswere analyzedbased onthe percentageof mastery learningindividuallyandthenclassicallydescribeddescriptively.Based onthe analysis ofresearch datafirst cycleto third cycleobtainedan increase inthe percentage ofall teachers, studentsandlearning result.Teacher activityincreased34.12%, atthe first cycle of58.88%, thesecond cycle of77.96%, and the third cycleof 93%. While thestudent activityincreased21.63%, onthe first cycle of64.73%, thesecond cycle of78.57%, and the third cycleis 86%. Learning resultacquiredby  fifth class state elementary schoolGadingmanguIPerak Jombanglearningexperienceof studentsin the classicalan increase of43.33%. In thefirst cycle,the percentage of completenessof43.33%, 66.66% forthe second cycleandthird cycleof86.66%.Inthe thirdcycle ofactivitiesteachersandstudentsexpressedverywell. It can be concludedthatby using alearning modelNumbered Heads Together(NHT) toimprove student learning resultinsocial studies learningmaterialsnatural featuresandartificial fifth class Sstate elementary school GadingmanguI PerakJombang.

Keywords:cooperative learningmodelNHT, learning result, social studies.
Published
2015-07-01
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 151