PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MATERI KONSEP PETA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Siti Nurmuliyati Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Podoroto I Kesamben Jombang melalui penerapan model pembelajaran Inkuiri.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus.Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Podoroto I Kesamben Jombang.Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes.Data hasil observasi aktivitas guru dan siswa dianalisis dalam bentuk persentase.Data tes hasil belajar siswa dianalisis berdasarkan persentase ketuntasan belajar secara individu dan klasikal kemudian dijabarkan secara deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase aktivitas guru dan siswa pada siklus I dan siklus II. Aktivitas guru mengalami peningkatan dari 67,7% pada siklus I menjadi 78,7% pada siklus II. Kemudian pada siklus II ke Siklus III menjadi 85,6%. Sedangkan aktivitas siswa mengalami peningkatan dari 69,7% pada siklus I menjadi 77,7 % pada siklus II dan di Siklus III menjadi 86,6%. Hasil belajar yang diperoleh siswa kelas IV SDN Podoroto I Kesamben Jombang mengalami peningkatan. Untuk rata-rata nilai siswa juga mengalami kenaikan yaitu 72,3 pada Siklus I menjadi 78,5 pada Siklus II kemudian pada Siklus III menjadi 80,3. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan dari 70 % pada siklus I menjadi 75 % pada siklus II dan pada siklus III menjadi 85 %.Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Hasil belajar, IPS, SD

 

Abstract: This study aimed to describe the activities of the teacher , student activities , and student learning outcomes Podoroto Elementary School fourth grade I Kesamben Jombang through the implementation of inquiry learning model .This type of research is action research that consists of 3 cycles . Each cycle is carried out through four stages: planning , implementation , observation , and reflection . The subjects were all students of class IV SDN Podoroto I Kesamben Jombang . Data were obtained through observation and tests . Data resulting from the activity of the teacher and student observations analyzed in terms of percentage . Student achievement test data were analyzed based on the percentage of mastery learning individually and then classically described descriptively .The results showed an increase in the percentage of all teachers and students in the first cycle and second cycle . Teacher activity increased from 67.7 % in the first cycle to 78.7 % in the second cycle . Then in the second cycle to cycle III becomes 85.6 % . While the activities of students has increased from 69.7 % in the first cycle to 77.7 % in the second cycle and in Cycle III to 86.6 % . The results obtained studying the fourth grade students of SDN Podoroto I Kesamben Jombang has increased . For the average student scores also increased in the first cycle is 72.3 to 78.5 in Cycle II Cycle III later on became 80.3 . Mastery learning in the classical students has increased from 70 % in the first cycle to 75 % in the second cycle and the third cycle to 85 % . Based on the obtained results it can be concluded that the application of inquiry learning model can improve student learning outcomes .

Keywords : Inquiry Learning Model , learning outcomes , Social Studies , Elenentary School

Published
2015-07-01
Abstract Views: 4
PDF Downloads: 27