PENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DI SEKOLAH DASAR

  • Siti Romelah Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak:Penelitian ini dilatarbelakangi  siswa kelas V mengalami kesulitan dalam menulis puisi, terutama dalam memilih kata-kata bermakna untuk menulis puisi. Penyebab kesulitan siswa dalam menulis puisi karena guru belum memodelkan pembelajaran, sehingga hasil yang di dapat kurang dari kkm yang ditentukan yaitu  ≥72. Berdasarkan permasalahan di atas maka diperlukan upaya untuk mengatasinya yaitu dengan menggunakan model pembelajaran langsung dalam pembelajaran menulis puisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan pelaksanaan menulis puisi dengan model pembelajaran langsung, mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran, serta mendeskripsikan  kendala-kendala dan cara mengatasinya.Penelitian ini menggunakan rancangan yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa SDN Sumberkembar  Mojokerto. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi.Analisis data dilakukan dengan deskriptif kuantitatif dan  kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Skor keterlaksanaan pada siklus I pertemuan 1 sebesar 93,33% dan pertemuan 2 sebesar 100%. Sedangkan pada siklus II sebesar 100% pada pertemuan 1 dan pertemuan 2. Sedangkan skor ketercapaian rata-rata pelaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 67,50 dan siklus II sebesar 85,00. Skor hasil belajar siswa meningkat di setiap siklus nya. Persentase  ketuntasan  belajar siswa pada siklus I sebesar 68,75% dan siklus II sebesar 87,50%.Kendala-kendala yang muncul dalam proses pembelajaran pada siklus I dapat diatasi  Pada siklus II , sehingga pembelajaran berlangsung dengan baik.

Kata Kunci: Keterampilan menulis puisi, model pembelajaran langsung

 

 

Abstract: This research is motivated , the fifth grade students have difficultywritinpoetryespecially in choosing meaningful words to write poetry . The cause of the difficultyin writing poetry students because teachers have not been learning model , so that the results can be less than that in the specified completeness minimum criteria is ≥ 72 . Based on the above problems it is necessary to overcome that by using a model of direct instruction in learning to write poetry . The purpose of this study was to describe the implementation skills to write poetry with direct instructional model , describing learning , as well as describe the constraints and how to overcome them.This study used a design that was conducted in two cycles . Each cycle was conducted in two meetings with the planning stages , action and observation , and reflection . Subjects in this study were teachers and students of  Sumberkembar elementary school, Mojokerto . Data collection techniques used are observation, testing , and field notes dokumentzzZasi.Analisis data was descriptive quantitative and qualitative. The results indicate the implementation of learning has increased from cycle I to cycle II . Scores on the first cycle feasibility of meeting 1 and meeting 2 93.33 % at 100 % . While on the second cycle of 100 % at the meeting 1 and meeting 2 . While the average achievement scores of learning implementation in the first cycle of 67.50 and 85.00 for the second cycle . Scores increased student learning outcomes in each of its cycle . The percentage of students passing grade on the first cycle of 68.75 % and 87.50 % for the second cycle . Constraints that arise in the learning process in the first cycle can be overcome In the second cycle , so that the learning is progressing well . Thereby the direct instructional model that can improve the skills of writing poetry fifth grade students of Sumberkembar elementary school Mojokerto.

Keywords:poetry writing skills , learning model directly
Published
2015-07-01
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 171