PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA TEMA DIRI SENDIRI SISWA KELAS II SD ISLAM PLUS AL-AZHAR MOJOKERTO

  • Siti Sa'diyah Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak: Berdasarkan wawancara saat observasi pada tanggal 2 Agustus 2013 kepada wali kelas II SD Islam Plus  Al-Azhar Mojokerto menyatakan bahwa angka ketuntasan belajar siswa kelas II khususnya pada mata pelajaran IPS masih mencapai 40%. Hal ini disebabkan karena kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru, belum memanfaatkan media yang ada dan hanya menggunakan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas II SD Islam Plus  Al-Azhar Mojokerto melalui pemanfaatan media gambar dalam pembelajaran IPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan/pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas II SD Islam Plus Al-Azhar Mojokerto. Data penelitian diperoleh melalui observasi, dan tes. Data hasil observasi aktivitas guru dan siswa dianalisis dalam bentuk persentase. Data tes hasil belajar siswa dianalisis berdasarkan persentase ketuntasan belajar secara individu dan klasikalkemudian dijabarkan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkanadanya peningkatan persentase aktivitas guru dan siswa pada siklus I dan siklus II. Aktivitas guru mengalami peningkatan sebesar 18,05 yaitu dari 79,17 pada siklus I menjadi 97,22 pada siklus II. Sedangkan aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 30%, yaitu dari 63% pada siklus I menjadi 93% pada siklus II. Hasil belajar yang diperoleh siswa kelas II SD Islam Plus  Al-Azhar Mojokerto mengalami peningkatan.Ketuntasan belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 29%, yaitu dari 57% pada siklus I menjadi 86% pada siklus II. Keterampilan bercerita anak mencapai 86% atau naik 48% dari prosentase ketuntasan siklus I yang sebesar 38%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci : Media Gambar, Hasil belajar, IPS.

 

Abstract: Based on the interview in observation on the second of August 2013 to the second grade of Al-Azhar Islamic Plus Elementary School Mojokerto stated that the number of student mastery learning in the second grade, especially in social studies was still 40%. This is because the learning activities are still centered on the teacher, it doesn’t use the available media yet and it uses the lecture method only. The aim of this research is to describe the teacher activities, the student activities and the student learning outcome the second grade of Al-Azhar Islamic Plus Elementary School Mojokerto through the use of picture media in social studies. The type of this research uses the classroom action research which consists of 2 cycles. Each cycle uses 4 steps. They are planning, action, observation and reflection. This subject of this research is all of the second grade of Al-Azhar Islamic Plus Elementary School Mojokerto. The data of the research are obtained through observation and test. The observation result of teacher and student activities are analyzed through the student mastery learning both in individually and classically, then it is explained descriptively. The research shows that there is an improvement of teacher and student activities in the first and  the second cycle. The teacher activities increases  18,05 from 79,17 in the first cycle to 97,22 in the second cycle. While the student activities increases 30% from 63% in the first cycle to 93% in the second cycle. So the student learning outcome the second grade of Al-Azhar Islamic Plus Elementary School Mojokerto gets improvement. The student mastery learning increases 29% classically, from 57% in the first cycle to 86% in the second cycle. The student story telling skill reaches 86%, up 48% from the first cycle completeness percentage of 38%. Based on the result above, it can be concluded that the use of picture media can improve the student learning outcome..

Keywords: Picture Media, Student Learning Outcome, Social Studies.


 

Published
2015-07-01
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 38