PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR

  • Umi Azizah Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak:Berdasarkanpengamatan awal yang dilakukan oleh peneliti pada siswa kelas V SDN Kalikatir Gondang Mojokerto dalam pembelajaran IPS belum terlihat kegiatan pembelajaran IPS yang sesuai dengan yang diharapkan. Pembelajaran hanya berpedoman pada buku paket dan kurang menggunakan media yang menarik bagi siswa.Guru juga masih sering menggunakan metode ceramah dan peran guru terlihat lebih banyak daripada siswa, namun guru belum mampu mengkondisikan siswa untuk fokus pada materi.Masih banyak siswa yang bermain dan mengganggu temannya, sehingga hasil belajar siswa dalam pelajaran IPS sangat rendah.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa, aktivitas guru, hasil belajar siswa, dan respon siswakelas V Kalikatir Gondang Mojokerto melalui penerapan pembelajaran  dengan memanfaatkan media flashcard untuk meningkatkan hasil belajar IPS.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus.Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase aktivitas siawa, aktivitas guru, hasil belajar siswa, dan respon siswa.Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan  pembelajaran dengan memanfaatkan media flashcard dapat meningkatkan hasil belajar IPS.

Kata Kunci: Media flash card, Hasil belajar,IPS.

 

 

Abstract: Based on preliminary observations made ​​by researchers at the fifth grade students of State Elementary School Kalikatir Gondang Mojokerto in learning social studies social studies learning activities have not seen that as expected . Learning just based on the lack of textbooks and using the media of interest to students . Teachers are also still often use the lecture method and the role of the teacher looks much more than the students , but the teachers have not been able to condition the student to focus on material . There are many students who play and disturb her , so that student learning outcomes in social studies is very low . This study aimed to describe the activities of the student , teacher activity , student learning outcomes , and response fifth grade students Kalikatir Gondang Mojokerto through the application of learning to use the media to improve learning outcomes flashcard Social Studies. This type of research is action research that consists of 2 cycles . Each cycle is carried out through four stages: planning , implementation , observation , and reflection . The results showed an increase in the percentage of siawa activities , teacher activities , student learning outcomes , and student responses . Based on the obtained results it can be concluded that the application of learning by using flashcard media can improve learning outcomes Social Studies.

Keywords:Media flashcards , learning outcomes , Social Studies.
Published
2015-07-01
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 34