PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAMPEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKANKETERAMPILAN MENULIS CERITA SEDERHANA SISWA KELAS II SD

  • Umi Fadilah Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak:Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan presiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia (Depdkiknas, 2006:65). Hasil observasi memperlihatkan bahwa siswa kelas II SDN Kwatu Mojokerto belum mampu dalam pembelajaran ketrampilan menulis ceritasederhana, masih banyak siswa yang tidak bisafokus dengan materi yang disampaikan guru.Dalam pembelajaran, guru belum menggunakan media yang tepatdalam pembelajaran melengkapi cerita sederhana. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus, dan tiap-tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, serta refleksi.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes, dan catatan lapangan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian pada siklus I dan siklus II menunjukkan bahwaaktivitas guru memperoleh persentase keterlaksanaan sebanyak 100%, pada siklus I aktivitas guru memperoleh skor ketercapaian 67,5dan pada siklus II 86,3. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa 65 dengan nilai rata-rata 68,2danpada siklus II  85 dengan nilai rata-rata 77,5. Kendala-kendala yang dihadapi pada siklus I dapat diatasi pada siklus II.Dengan demikian disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkaatkan keterampilan menulis cerita.

Kata Kunci: media gambar, pembelajaran tematik, keterampilan menulis cerita sederhana

 

 

Abstract: Indonesia learning is purposed to increase students ability to communicate in Indonesian well and right, orally and writing, and growing appreciation toward result literature work or Indonesian human(Depdiknas, 2006:65). Observation results showed that students in grade II State Primary School Kwatu Mojokerto in learning skills have not been able to write a simple story, there are many students that can not be focus with the material presented teachers. In learning, the teacher is not using the right media in learning complements the simple story. This research used the planning of research classroom action. It’s done twice cycles, and every cycle, and every cycle is two steps planning, doing, observing, and reflection. Techique of data collecting in this research use observing technique test, and field note. The data which was collected analyze with use technique of qualitative description analyze and quantitative describtion. The result of research in first cycle and second cycle showed that teacher activities get doing percentage 100%, in first cycle the teacher activities get reaching score 67,5 and in second cycle 86,3. Temporary. In first cycle completeness studying of student 65 with average score  in second cycle 85 with average score 77. The problems which are faced in first cycle can be heid in second cycle. It can be got a conclusion that using picture media can increase ability of writing a simple story.

Keywords:picture media, theme learning, ability of writing a simple story.
Published
2015-07-01
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 580