PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PETA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SEKOLAH DASAR

  • Yuli Astuti Jurusan OGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak : Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan supaya ada perubahan yang bersifat positif menuju kearah yang lebih baik, tetapi guru masih menggunakan  pembelajaran yang bersifat konvensional, belum menerapkan metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah PTK berdasarkan permasalahan yang muncul dalam proses pembelajaran yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui 3 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, serta refleksi. PTK dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dengan teman sejawat dan guru kelas yang berperan sebagai observer.  Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Kintelan 2 Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi, tes, dan angket. Data yang diperoleh akan dianalisis untuk menjawab rumusan masalah penelitian. Data observasi penelitian guru dan siswa pada penggunaan media peta kecamatan dianalisis dalam presentase. Data tes hasil belajar siswa dianalisis berdasarkan presentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru, aktivitas siswa, ketuntasan hasil belajar, aspek psikomotor, dan respon siswa dalam penelitian mengalami peningkatan kualitas. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan bagi guru SD untuk mencoba menggunakan media peta dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci : hasil belajar,  membaca peta kecamatan, media peta

 

Abstract : Classroom Action Research (CAR) aims to make positive changes to be a better change, but teacher still uses a conventional teaching learning process, did not implement a method and media that suit with the material given. The method used in this research was classroom action research based on the problems arise which contains of 2 cycles. Each cycle was run into three steps; planning, acting and observing, and reflecting. The classroom action research was done as collaboration among the researcher, her friend and a class teacher as an observer. The subjects of this research were the fourth grade students of SDN Kintelan II Puri Mojokerto. There were 19 students on that grade. The data collection technique was observation, test and questioner. The data observation of researcher and students’ activity during teaching learning process of using sub district map was analyzed in percentage. Furthermore, the results of students’ test were analyzed based on classical study completeness percentage. The result of this research showed that the quality of teacher’s activity, the students’ activity, students’ classical study, the students’ responses in research improved. Based on those results, it was suggested for elementary teachers to try using map as a media to improve students’ results.

Keywords: Students’ results, reading sub district map, map as media

Published
2015-07-01
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 249