MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI FPB MENGGUNAKAN MEDIA DAKON BILANGAN SISWA KELAS V SDN SAMBIKEREP II / 480 SURABAYA

  • Zuhrotul Maulidiyah Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang terjadi di dalam kelas yaitu ketercapaian hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika pada materi menentukan faktor persekutuan terbesar menunjukkan hasil yang yang rendah dari 40 siswa yang ada, hanya 16 siswa yang mendapatkan hasil diatas kriteria ketuntasan minimum (KKM), sedangkan 24 siswa mendapatkan hasil dibawah KKM, dengan nilai KKM 76. Hal tersebut salah satunya disebabkan oleh penggunaan pohon faktor dalam menentukan faktor persekutuan terbesar masih membingungkan siswa dan bersifat mengahafal, sehingga memberatkan siswa. Untuk mengatasai hal tersebut digunakan media dakon bilangan, karena dengan menggunakan media dakon bilangan pada proses pembelajaran dapat membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika tentang menentukan faktor persekutuan terbesar dengan menggunakan dakon bilangan di kelas V SDN Sambikerep II / 480 Surabaya..Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilakukan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V  yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di  SDN Sambikerep II/480 Surabaya. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan tes. Dan metode penelitian ini dilakukan secara deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan adanya hasil belajar yang meningkat. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas guru dan siswa yang mulai terbiasa dengan menggunakan media dakon bilangan. Selain itu dapat dilihat juga dari hasil belajar siswa melalui tes yang  mengalami peningkatan. Pada siklus I hasil belajar siswa mencapai 67,5 % sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 87,5%. Berdasarkan data dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media dakon bilangan dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar menentukan FPB bagi siswa kelas V SDN Sambikerep II/480 Surabaya.

Kata kunci : Media Dakon Bilangan, Hasil Belajar, Matematika

 

Abstract: This research is based by the problem ocurred in the classroom in which the achievement of the result’s learning of the students in Mathematic about determining the greatest common factor shows the minimum score from 40 students in total, only 16 students reaches above the completeness minimum criteria (KKM), while 24 students get the score under of the minimum completeness criteria with the score 76. The students are still confused and difficult to memorize because it is caused by the using of the greatest common factor. Therefore, it makes the students feeling stress. To solve this problem, the learning process uses numeral dakon because it can help the difficulties of the learning process. The purpose of this research is to increase teacher-student’s activity and the achievement of the learning result in which describing the implementation of mathematic learning about determining the greatest common factor by using numeral dakon in the fifth grade of State Elementary School Sambikerep II/480 Surabaya. This research is classroom action research which done through 4 steps that is planning, implementing, observing and reflecting. The subject in this research is 40 students of the fifth grade. This research is done in State Elementary School Sambikerep II/480 Surabaya. The research instruments are observation sheets and test. This research metode is done kuantitatif descriptively. The output of the research shows that there is an increasing achievement. It can be seen from the teacher and student activities which start to adapt with the using of numeral dakon. In addition, it can be seen that the achievement of the students shows the raising.On the first cycle the student learning result 67,5% while the second cycle increase into 87,5 %. Based on the data from the research, it can be concluded that the using of numeral dakon can increase the activities of the teacher-students and the score achievement in determining the greatest common factor for the students of the fifth grade of SDN Sambikerep II/480 Surabaya.

Keywords: numeral dakon,the learning achievement. Mathematic

Published
2015-07-01
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 110