PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PECAHAN DAN URUTANNYA DENGAN MEDIA PITA TERANSPARANSI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA BAGI SISWA SEKOLAH DASAR

  • ERNA NURNA NINGSIH Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak: Dari hasil observasi peneliti terhadap siswa kelas IV SDN Pertapan Maduretno, Taman Sidoarjo, peneliti mengetahui bahwa dalam pembelajaran matematika materi pecahan, guru menyuruh siswa membuka buku lalu guru menjelaskan dan menuliskan angka, tidak menggunakan media pembelajaran. Sehingga siswa tidak bisa membayangkan  nilai pecahan dan tidak bisa mengurutkan nilai pecahan. Dan secara teoritik, siswa kelas IV SD masih berada pada tahap berpikir operasional konkret. Sementara itu, selama proses pembelajaran, guru tidak menggunakan media pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam memahami nilai pecahan dan urutannya. Oleh karena itu peneliti mengusulkan penggunaan media pita transparansi untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi nilai pecahan dan urutannya. Dalam kegiatan pada penelitian ini, siswa menggunakan media yang bersifat konkret untuk menentukan nialai dan mengurutkan pecahan.Berdasarkan analisis data penelitian siklus I sampai padasiklus II diperoleh adanya peningkatan persentase aktifitas guru, aktifitas siswa dan hasil belajar. Aktifitas guru pada penelitian ini mengalami peningkatan sebesar dari65% pada siklus I menjadi 87,5 % pada siklus II.Terdapat peningkatanp rosentase aktifitas siswa dari 67,83% pada siklus I menjadi 88,83% pada siklus II. Peningkatan ketuntasan belajar yang dicapai sebesar 20 % yaitu dari 65 % pada siklus I menjadi 85 % pada siklus II.

Kata Kunci: model pembelajaran inkuiri, hasil belajar, IPA.

 

Abstract: From the observations of researchers to fourth grade  Elementary School students of Pertapan Maduretno, Taman Sidoarjo, researchers learned that the learning of mathematics, teachers do not use instructional media when presenting the material and order fractions. And theoretically, fourth grade students are still in the stage of concrete operational thinking. Meanwhile, during the learning process, teachers do not use instructional media to facilitate students in understanding the value of fractions and order . The lack of teachers use instructional media in teaching makes the material presented is still verbal. In this research, students use concrete media to degrees and sequence. Based on the analysis of research data the first cycle to the second cycle obtained an increase in the percentage of teacher activity, student activity and learning outcomes. Activities of teachers in this study increased from 65% in the first cycle to 87.5% in the second cycle. There is a higher percentage of student activity from 67.83% in the first cycle to 88.83% in the second cycle. Increased mastery learning are achieved from 65% in the first cycle to 85% in the second cycle.

Keywords: Tape Media Transparency , Fractions And Sequence.

Published
2013-05-13
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 45