PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

  • Ida Djarwati Jurusan PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti pada tanggal 20 Februari 2012 pada pembelajaran IPA materi gaya, belum terlihat pembelajaran IPA yang sebenarnya. Pembelajaran masih menekankan pada sejumlah fakta dan konsep. Guru juga masih sering menggunakan metode ceramah, meskipun kadang diselingi dengan metode tanya jawab, namun guru belum mampu mengkondisikan siswa untuk fokus pada materi. Masih banyak siswa yang bercengkrama dengan teman sebangkunya, ada yang memukul-mukul meja bahkan ada yang mengantuk. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Perak Utara III Kecamatan Pabean Cantian Surabaya melalui penerapan model kontekstual dalam pembelajaran IPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Perak Utara III Kecamatan Pabean Cantian Surabaya. Data penelitian diperoleh melalui observasi, dan tes. Data hasil observasi aktivitas guru dan siswa dianalisis dalam bentuk persentase. Data tes hasil belajar siswa dianalisis berdasarkan persentase ketuntasan belajar secara individu dan klasikal kemudian dijabarkan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase aktivitas guru dan siswa pada siklus I dan siklus II. Aktivitas guru mengalami peningkatan sebesar 23,75% yaitu dari 71,25% pada siklus I menjadi 95% pada siklus II. Sedangkan aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 19,30%, yaitu dari 72,65% pada siklus I menjadi 91,95% pada siklus II. Hasil belajar yang diperoleh siswa kelas IV SDN Perak Utara III Surabaya mengalami peningkatan. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 20,83%, yaitu dari 75% pada siklus I menjadi 95,83% pada siklus II. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Model pembelajaran kontekstual, Hasil belajar, IPA.

 

Abstract: Based on the observations made by the investigators on February 20, 2012 on material science learning styles, have not seen the actual science learning. Learning is focused on a number of facts and concepts. Teachers also still use the lecture method, although sometimes interspersed with question and answer method, but the teachers have not been able to condition students to focus on the material. There are many students who are chatting with friends sebangkunya, there banging the table even sleepy. This study aimed to describe the activities of teachers, student activities, and student learning outcomes Elementary School fourth grade III Northern Perak Surabaya District Customs Cantian through the application of contextual models in learning science. This type of research is action research class consisting of 2 cycles. Each cycle is carried out through four phases: planning, implementation, observation and reflection. The subjects were all fourth grade students of SDN northern Perak Surabaya Cantian Customs District III. Data were obtained through observation and tests. Data observations analyzed the activities of teachers and students in the form of a percentage. Student achievement test data were analyzed based on the percentage of mastery learning individually and then classically described descriptively. The results showed an increase in the percentage of all teachers and students in the first cycle and second cycle. Activities of teachers has increased by 23.75% from 71.25% in the first cycle to 95% in the second cycle. While the student activity increased by 19.30%, from 72.65% in the first cycle to 91.95% in the second cycle. The results obtained studying fourth grade students of SDN northern Perak Surabaya III increased. Student learning in the classical mastery increased by 20.83%, from 75% in the first cycle to 95.83% in the second cycle. Based on the obtained results it can be concluded that the application of contextual learning model to improve student learning outcomes.

Keywords: Models of contextual learning, learning outcomes, IPA

Published
2013-05-13
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 139