PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA SEKOLAH DASAR

  • MUSTOKIYAH - Jurusan PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Dalam kenyatannya berdasarkan observasi yang dilakukan oleh penulis di lapangan terhadap realitas pembelajaran  IPA di SDN. Sidotopo Wetan I No. 255 pada tanggal 18 Pebruari 2012, menunjukkan adanya  kelemahan dalam pembelajaran IPA yang mengakibatkan menurunnya hasil belajar siswa.  Berdasarkan pemikiran atas kenyataan tersebut, maka perlu adanya suatu peningkatan kualitas pembelajaran IPA di sekolah dasar dengan menggunakan berbagai macam metode, salah satunya adalah metode demonstrasi. Metode demonstrasi merupakan metode yang memberikan pengalaman kepada anak di mana anak memberi perlakuan terhadap sesuatu dan mengamati akibatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa, dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN Sidotopo Wetan I Surabaya melalui penerapan metode demonstrasi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDN Sidotopo Wetan I Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes. Data hasil observasi aktivitas guru dan siswa dianalisis dalam bentuk persentase. Data tes hasil belajar siswa dianalisis berdasarkan persentase ketuntasan belajar secara individu dan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan Aktivitas guru mengalami peningkatan sebesar 18,75% yaitu dari 76,25% pada siklus I menjadi 95% pada siklus II. Sedangkan aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 28,20%, yaitu dari 63,75% pada siklus I menjadi 91,95% pada siklus II. Pengamatan aktivitas guru dan siswa dengan menerapkan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA berjalan dengan baik dan mencapai keberhasilan. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 22,75% yaitu dari 72,7% pada siklus I menjadi 95,45% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: metode demonstrasi, hasil belajar, IPA.

 

Abstract: In reality based on observations made by the author in the field of reality science learning in SDN Sidotopo Wetan I No.255 on February 18, 2012, showing a weakness in science learning that result in decreased student learning results. Based on the consideration of the fact, then there needs to be an increase in the quality of science teaching in primary schools using a variety of methods, one of which is the method of demonstration. Demonstration method is a method that provides experiences for children in which the child the treatment of something and watch the result. This study aimed to describe the activities of teachers and students, and improve student learning results class II SDN Sidotopo Wetan I Surabaya through the application of methods of demonstration. The subjects were all students of class II SDN Sidotopo Wetan I Surabaya. This type of research is classroom action research consisting of 2 cycles. Each cycle is carried out through four phases: planning, implementation, observation and reflection. Data were obtained through observation and tests. Data observations analyzed the activities of teachers and students in the form of a percentage. Student achievement test data were analyzed based on the percentage of mastery learning individually and classical. The results showed increased activity teacher 18.75%, from 76.25% in the first cycle to 95% in the second cycle. While the student activity increased by 28.20%, from 63.75% in the first cycle to 91.95% in the second cycle. Observation activities of teachers and students to apply the method in learning science demonstration went well and achieve success. Student learning outcomes has increased by 22.75% from 72.7% in the first cycle to 95.45% in the second cycle. It can be concluded that the application of the method demonstration to improve student learning result.

Keywords: method of demonstration, learning result, IPA.

 

Published
2013-05-17
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 32