UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM MENENTUKAN VOLUME TABUNG MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA SEKOLAH DASAR

  • PUJI CAHYANTO JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Pengajaran matematika merupakan bagian yang penting dari pendidikan secara keseluruhan, karena dengan  pengajaran  matematika anak dilatih berfikir secara kritis, kreatif, cermat dan teliti serta bertindak secara logis. Berdasarkan hasil pengamatan di kelas VI SDN Kedurus I/ 428 Surabaya, ditemukan permasalahan pada pembelajaran Matematika yaitu rendahnya keterampilan siswa dalam materi menentukan volume tabung. Hal ini terjadi karena guru tidak menerapkan metode yang tepat dalam pembelajaran menentukan volume tabung. Tidak digunakannya metode yang inovatif dan tepat pada proses pembelajaran menentukasn volume tabung menyebabkan proses pembelajaran berlangsung kurang optimal dan belajar siswa dalam menentukan volume tabung juga rendah. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi yang menunjukkan 50% siswa belum mencapai KKM. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menentukan volume tabung pada siswa kelas VI SDN Kedurus I/ 428 Surabaya. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklusnya melalui empat tahapan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melakukan pengamatan, tes dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menentukan volume tabung. Pada II, persentase aktivitas guru meningkat sebanyak 50%. Pada siklus kedua terjadi peningkatan aktivitas siswa dan dikatakan tuntas, yakni 85,7%. Sementara itu, hasil belajar siswa pada siklus kedua sebanyak 81,3% (26 siswa) telah tuntas belajar.

Kata Kunci: pembelajaran  matematika, pembelajaran kooperatif tipe STAD, menentukan volume.

 

Abstract: Mathematics Instruction is the important section from education according to entirely, because with   instruction   child's mathematics be trained to thought criticaly, creative, accurate and careful also to act logically. Based on observations in fifth grade of elementary  Kedurus I/ 428 Surabaya, it was found problems in learning Mathematics, it was the low student skills in to determine tube volume. this Matter happen because teacher doesn't apply it the correct method in studying determine it volume of tube. don't use it the method that inovatif and correct to studying process to determine it tube volume to caused studying process to direct optimal less and study student in to determine it tube volume also low. this Matter is be proofed with the observation result that to show 50% student yet to reach KKM. Because of, this research to uncrease to determine tube volume skills in fifth grade of elementary school Kedurus I/ 428 Surabaya. The design of studyi is a Class Action Research (PTK). It is performed in two cycles each cycle through the four stages. The data collection techniques that is used by performing the observation, tests and field notes. The use analyzed is qualitatively. The result showed that using the cooperative studying method STAD's type can to level it result study student in to determine it tube volume. To II, persentase activity of teacher to level many 50%. To cycle second happen activity leveling and be told finish, that is 85,7%. Mean while, student learning outcomes as much as 81,3% (26 student) in the second cycle students have finished studying.

Keywords: studying mathematics, cooperative studying type STAD, to determine tube volume.

 

 

Published
2013-05-17
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 110