PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN LATIHAN SOAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR

  • SRI RAHAYU JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Matematika merupakan suatu bahan kajian yang memiliki objek yang abstrak dan dibangun melalui proses penalaran induktif.  Dalam pembelajaran matematika, siswa kelas II SDN Tambaksari VI Surabaya tidak memahami konsep perkalian. Hal ini disebabkan antara lain: 1) metode yang digunakan hanya ceramah, 2) tidak menggunakan media pembelajaran yang sesuai, dan 3) menganggap siswa sebagai objek pembelajaran. Akibatnya aktivitas dan hasil belajar siswa di bawah KKM, ketuntasan belajar hanya mencapai 30%. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan antara lain: 1) agar siswa memahami konsep perkalian, 2) agar aktivitas belajar siswa meningkat, dan 3) hasil belajar siswa meningkat dan KKM meningkat. Upaya pemecahan masalah yang dilakukan dengan menggunakan metode demonstrasi dan latihan soal. Langkah-langkah pembelajaran metode demonstrasi terdiri atas beberapa kegiatan, yaitu: 1) menyusun rencana pembelajaran yang memerlukan prosedur atau langkah-langkah penggunaan atau cara melakukan, 2) menguji prosedur, 3) memperagakan atau mendemonstrasikan atau mempertunjukkan proses atau cara melakukan sesuatu dengan bantuan media, 4) siswa mengikuti langkah-langkah yang diperagakan dengan media, 5) pada kegiatan evaluasi guru menyuruh siswa mendemonstrasikan apa yang telah dipraktekkan guru. Dengan menerapkan metode demonstrasi selama proses pembelajaran sehingga aktivitas hasil belajar siswa lebih terarah dan bermakna dan membawa peningkatan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berlangsung selama 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas II di SDN Tambaksari VI Surabaya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini antara lain lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa serta lembar tes hasil belajar. Pengamatan dilakukan oleh peneliti dan teman sejawat dengan menganalisis data-data hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa dan guru serta hasil belajar dengan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi dengan latihan soal dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika. Hal ini terbukti dengan aktivitas guru yang mencapai 90%, aktivitas siswa mencapai 91% dan hasil belajar siswa hingga mencapai 100%.  Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi siswa, guru, dan sekolah.

Kata Kunci: Metode Demonstrasi,  Hasil Belajar.

 

Abstract: Mathematics constitutes a study material that have object that abstractedly and is built process thru inductive reasoning.  In mathematics learning, student brazes II. SDN Tambaksari VI Surabaya not understand multiple concept. It is caused for example: 1 ) method those are utilized just discourse, 2 ) not utilize learning media suitably, and 3) looking on student as object of learning. Accordingly activity and student studying result under KKM, learned thoroughness just reaches 30%. Therefore, this research intent for example: 1 ) that student understands multiple concept, 2 ) that students learned activity increase, and 3) students learned result increase and KKM increases. Trouble-shooting effort that is done by use of demonstration method and problem training. Learning steps methodics demonstration comprise of umpteen activity, which is: 1 ) arrange learning plan that require to procedure or purpose steps or way does, 2 ) test procedure, 3 ) demonstrate or demonstrate or demonstrates processes or way do somethings with media help, 4 ) student follow steps that demonstrated by media, 5 ) on activity evaluates to learn enjoin demonstrate student what already been practiced teacher. By applying demonstration method up to learning process so result activity studies more student to be aimed and wherewith and takes in result step-up study student. Observational type that is utilized in this research is Class Action Research (CAR) happen up to 2 cycles. This research is executed on student brazes II. at SDN Tambaksari VI Surabaya. Instrument that is utilized in this research for example activity watch sheet learns and student and sheet essay to usufruct studying. Watch did by researcher and colleague friend with analysis data usufructs watches to student and teacher activity and studying result with tech analisis kualitative data. Result observationaling to point out that implement methodics demonstration with trifling training gets to increase student studying result mathematics subject. It is evident with activity learns that up to 90%, student activity reaches 91% and yielding learned students until up to 100%.  This observational result expected student benefit, teacher, and school.

Keywords: Demonstration Method, learned result.

Published
2013-05-17
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 674