PENGGUNAAN MEDIA MANIK-MANIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • SURYATI - JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Matematika sekolah merupakan bagian dari matematika sebagai ilmu yang dipilih atas dasar kepentingan pengembangan kemampuan berpikir dan kepribadian peserta didik serta kepentingan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, harus selalu sejalan dengan tuntutan kepentingan peserta didik untuk menghadapi tuntutan perkembangan kehidupan masa depan.  Dalam matematika terdapat materi tentang penjumlahan bilangan bulat. Media yang digunakan salah satunya adalah media manik-manik. Penggunaan media manik-manik dalam penjumlahan bilangan bulat dapat menunjukkan penjumlahan positif dengan positif, positif dengan negatif, negatif dengan positif, negatif dengan negatif, sedangkan permasalahan yang diteliti, antara lain : Bagaimana aktifitas guru, aktivitas siswa dan mendeskripsikan hasil belajar penjumlahan bilangan bulat menggunakan media manik-manik ? Tujuan penelitian yang dilaksanakan, Ingin mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan mendeskripsikan hasil belajar penjumlahan bilangan bulat menggunakan media manik-manik.  Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).  Didalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan tes, sedangkan analisis datanya menggunakan rumus prosentase dalam bentuk deskriptif kuantitatif.  Dari hasil penelitian diketahui bahwa aktivitas guru mencapai 82,5 %, aktivitas siswa 87,0 % dan hasil belajar penjumlahan bilangan bulat menggunakan media manik-manik sebesar 88,9 %.  Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan manik-manik dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dapat mencapai serta melampaui KKM ( 65 ) yang telah ditentukan oleh sekolah.

Kata Kunci: media manik-manik, hasil belajar, penjumlahan bilangan bulat.

 

Abstract: School’s  mathematics is a part of mathematics as a choosen  science based on the interest of student’s thinking and personality development. It also for the sake of science and technology’s development, should always synchronized with student’s demand to face the challenge of  future’s life.  In mathematics there are several methods to sum the integers, one of them is the beads media.  The use of beads media in the sum of integers can show the result of positive addition to positive, positive to negative,  negative to positive, and negative to negative.  The problem that studied in this research are how is the teacher’s activity,  Student’s activity, and also how to describes learning result to the sum of integers using beads media ? Conducted research purposes, we want to know the teacher activity, student activity, and describe the learning outcomes the sum integers by using bead media.  The type of this research is quantitative descriptive with classroom action research design.  This research used an observative and several test method.  While the data analytical technique is percentage of quantitative descriptive.  From the research, it is known that percentage of teachers activity are 82,5 %, students activity are 87,0 % and the learning result to the sum of integers are 88,9 %.  Thus, shown that the use of beads media can improve teachers activity, students activity, attain and also passed the Minimum Completeness Criteria (65) which had been decided by the school.

Keywords: beads media, learning result, the sum of integers.

 

 

Published
2013-05-17
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 24