PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • TOERNALIYAH - JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Pembelajaran IPA di sekolah lebih menekankan penguasaan kemampuan dasar kerja ilmiah atau keterampilan proses IPA, sehingga pembelajaran lebih bermakna. Akan tetapi berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti melalui observasi di lapangan terhadap realitas pembelajaran IPA yang berlangsung di kelas V SDK Baptis Surabaya  pada semester II tanggal 18  Januari 2012, menunjukkan masih ada kelemahan dalam proses pembelajaran IPA yang mengakibatkan menurunnya hasil belajar siswa. Kelemahan pembelajaran IPA yang ditemui di kelas V SDK Baptis Surabaya adalah bahwa pembelajaran tersebut lebih menekankan pada penguasaan sejumlah fakta dan konsep, tetapi kurang memfasilitasi siswa agar mendapat hasil belajar yang komprehensif dan bermakna. Tingginya persentase siswa yang belum mampu mencapai kreteria ketuntasan minimal yaitu 36 % menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal di kelas tersebut masih belum optimal sehingga perlu ditingkatkan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDK Baptis  Surabaya dengan menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes. Data hasil observasi aktivitas guru dan siswa dianalisis dalam bentuk persentase. Data tes hasil belajar siswa dianalisis berdasarkan persentase ketuntasan belajar secara individu dan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan Aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran IPA dengan menerapkan metode demonstrasi mengalami peningkatan dan mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Kualitas aktivitas guru mengalami peningkatan sebesar 23% yaitu dari siklus I sebesar 61% menjadi 84% pada siklus II. Sedangkan kualitas aktivitas siswa meningkat sebesar 15,65% yaitu dari siklus I sebesar 68% menjadi 83,65% pada siklus II. Hasil belajar siswa dengan ketuntasan belajar klasikal siswa mengalami peningkatan sebesar 28,6% yaitu dari siklus I sebesar 57,1% menjadi 85,7% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, peneliti menyampaikan beberapa saran sebagai berikut; 1). guru hendaknya terus mengembangkan metode demonstrasi dalam kegiatan pembelajaran IPA untuk materi. 2). guru perlu meningkatkan kemampuannya dalam menyajikan pembelajaran dengan menghadirkan metode-metode yang inovatif agar siswa memiliki pengalaman baru dan termotivasi untuk mengikuti pembelajaran IPA.

Kata Kunci: Metode demonstrasi, hasil belajar, IPA.

 

Abstract: Learning science in schools emphasizes the mastery of basic skills of scientific or science process skills, making learning more meaningful. However, based on observations made by researchers through field observations of reality science learning that takes place in class V SDK Baptis Surabaya in the second half on January 18, 2012, shows there are still weaknesses in the science learning process that result in decreased student learning outcomes. Weaknesses encountered science learning in class V SDK Baptist Surabaya is that learning is more emphasis on the mastery of a number of facts and concepts, but less facilitating student learning outcomes in order to get a comprehensive and meaningful. The high percentage of students who have not been able to achieve the minimum completeness criteria of 36% indicates that the completeness results in the classical student in the class has not yet been optimized so it needs to be improved. This research has the goal of improving student learning outcomes Baptist Surabaya class V SDK using the demonstrations in learning science. This type of research is action research class consisting of 2 cycles. Each cycle is carried out through four phases: planning, implementation, observation and reflection. Data were obtained through observation and tests. Data observations analyzed the activities of teachers and students in the form of a percentage. Student achievement test data were analyzed based on the percentage of mastery learning individually and classical. The results showed activities of teachers and students in learning science by applying the method of demonstration is increasing and reaches a predetermined success indicators. The quality of teacher activity increased by 23% from the first cycle of 61% to 84% in the second cycle. While the quality of the student activity increased by 15.65% from the first cycle of 68% to 83.65% in the second cycle. Learning outcomes of students with mastery learning classical students increased by 28.6% from the first cycle of 57.1% to 85.7% in the second cycle. Based on the results obtained, the researchers delivered several suggestions as follows: 1). teachers should continue to develop a method of demonstration in science learning activities for the material. 2). teachers need to improve its ability to serve the learning by presenting innovative methods so that students have a new experience and motivated to keep learning science.

Keywords: Method demonstration, learning outcomes, IPA.

 

Published
2013-05-17
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 17