PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG KPK DAN FPB PADA SISWA SEKOLAH DASAR

  • YULIANA HARIYATI JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Pelaksanaan pembelajaran di SDK Karitas II Surabaya tidak jauh berbeda dengan sekolah dasar lain di Surabaya. SDK Karitas II pada pelaksanaan proses kegiatan mengajar di sekolah kurang maksimal. Hal ini disebabkan karena banyak faktor yaitu : (1) kurangnya pengetahuan guru akan pembelajaran inovatif yang selama ini banyak diterapkan dan (2) pembelajaran masih bersifat teacher center (3) banyak siswa yang belum hafal perkalian (4) siswa belum dapat membedakan bilangan prima dan bilangan ganjil (5) kurangnya latihan tentang KPK dan FPB. Pada pelaksanaan awal, pembelajaran tentang KPK dan FPB hasil belajar siswa rendah. Hal ini didasarkan pada nilai siswa yang masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70, di mana 16 dari 28 siswa (57%) mendapat nilai di bawah KKM sedangkan 12 siswa (43%) mendapat nilai di atas KKM. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian ini adalah penelitian awal dan pelaksanaan tindakan. Pada pelaksanaan tindakan terhadap 4 tahapan yang harus dilakukan yaitu (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan dan evaluasi, (4) analisis dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDK Karitas II Surabaya yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi aktivitas guru dan siswa, dan tes hasil belajar. Teknik Analisis data yang dilakukan adalah untuk menganalisi hasil observasi terhadap aktivitas guru dan aktivitas siswa sedangkan hasil belajar dilakukan dengan memberikan latihan soal soal isian. Pada kegiatan pembelajaran aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I aktivitas guru mencapai 70,7% dan siklus II aktivitas guru mencapai 85,7%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I mencapai 67,5% dan siklus II aktivitas siswa mencapai 87,5%. Data hasil tes siswa pada siklus I mencapai 75% dan siklus II mencapai 85,7%. Respon siswa yang dilakukan pada akhir pembelajaran menunjukan bahwa siswa antusias dan senang mengikuti pelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran matematika kelas IV SDK Karitas II Surabaya berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai guru.

Kata Kunci: Kooperatif Tipe STAD dan Hasil Belajar Matematika.

 

Abstract: Study execution in SDK Karitas II Surabaya do not far differ from other;dissimilar elementary school in Surabaya. SDK Karitas II at execution process activity teach at school less be maximal. This matter is caused because a lot of factor that is : (1) lack of study teacher knowledge of innovative learning  which during the time a lot of applied and (2) learning still have the character of teacher center (3) a lot of student which not yet memorized multiplication (4) student not yet earned to differentiate prime number anomalous number and (5) lack of practice  about KPK and FPB. The execution early, study about KPK and FPB [of] result of learning the low student. This matter  relied on student value which still below/under Complete Criterion Minimize ( KKM) that is 70, whereabout 16 from 28 student (57%) getting value below KKM while 12 student (43%) getting above value KKM.( Minimum Standart Criteria . This research represent class action research. this Research procedure is research early and the action execution. At action execution to 4 step which must be done that is (1) action planning, (2) action execution, (3) perception and evaluate, (4) and refleksi analysis. Subjek in this research is class IV SDK Karitas II Surabaya student amounting to 28 student. Technique of data collecting use method of observation of activity learn and the student, and test result of learning. Date Analysis  Technique  taken for analysis result of observation to activity learn and activity of student while result learn done given is practice of problem of stuffing problem.At teacher activity study activity experience of improvement from cycle I cycle II and. At cycle I teacher activity reach 70,7% and cycle II teacher activity reach 85,7%. While student activity at cycle I reach 67,5% and cycle II student activity reach 87,5%. Data result of tes student at cycle I reach 75% and cycle II reach 85,7%. Pursuant to inferential above description that study by applying model type STAD co-operative study at class IV SDK Karitas II Surabaya mathematics subject walk better and in line with study which  reached by teacher.

Keywords: STAD Co-Operative Type and Result of Learning Mathematics.

 

Published
2013-05-17
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 86