PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR

  • AGUS PURNOMO JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilakukan setelah peneliti melakukan observasi di SDN Jeruk I/469 Surabaya. Peneliti menemukan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa sangat kurang, hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang tidak mampu menanggapi setiap pernyataan yang disampaikan guru. Penelitian ini menggunakan rancangan model PTK yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, siswa, hasil belajar siswa, penguasaan keterampilan berpikir kritis siswa, dan respon siswa terhadap pembelajaran IPS materi permasalahan sosial di sekitar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes, dan angket. Aktivitas guru mengalami peningkatan selama tiga siklus,pada siklus I yaitu 75,75%, siklus II meningkat 89,39%, dan pada siklus III menjadi 95,45%. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 6,69%, pada siklus II meningkat 80,3%, dan pada siklus III meningkat menjadi 93,93%. Hasil belajar siswa siklus I sebesar 67,56%, pada siklus II 81,08% dan pada siklus III meningkat menjadi 94,6%. Keterampilan berpikir kritis siswa mengalai peningkatan, pada siklus I yaitu 64,16%, pada siklus II 83,78% sedangkan pada siklus III 94,59%. Hasil angket respon siswa pada siklus I yaitu 88,1%, pada siklus II sebesar 91,35%, dan pada siklus III meningkat menjadi 92,16%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat eningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN Jeruk I/469 Surabaya.

Kata Kunci: Pendidikan IPS, TPS (Think Pair Share), Keterampilan Berpikir Kritis.

 

Abstract: The research was carried out after researchers conducted observations in SDN Jeruk I/469 Surabaya. Researchers found that students' critical thinking skills are very lacking, it can be seen from the number of students who are not able to respond to every statement submitted by teachers. This study design receipts PTK models consisting of four stages, including planning, implementation, observation and reflection. The purpose of this study was to describe the activities of teachers, students, student learning outcomes, student mastery of critical thinking skills, and the students' response to social studies learning material around social issues using cooperative learning model TPS (Think Pair Share). This research use descriptive quantitative method. Collecting data in this study using observation, testing, and questionnaires. Teacher activity increased during the three cycles, the first cycle is 75.75%, 89.39% increase the second cycle and the third cycle to 95.45%. Student activity in the first cycle of 6.69%, in the second cycle increased 80.3%, and the third cycle increased to 93.93%. Student learning outcomes first cycle of 67.56%, 81.08% in the second cycle and the third cycle increased to 94.6%. Students' critical thinking skills are seen an increase, in the first cycle is 64.16%, 83.78% in the second cycle, while 94.59% in the third cycle. Results of student questionnaire responses on the first cycle is 88.1%, in the second cycle of 91.35%, and the third cycle increased to 92.16%. It can be concluded that the utilization of model of cooperative learning TPS type can be Increased critical thinking skill students' on the subjects of IPS class of IV SDN Jeruk I/469 Surabaya.

Keywords: Social Studies, TPS (Think Pair Share), Critical Thinking Skill.

 

Published
2013-06-11
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 1339