PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL KELAS V SD

  • ANA ISTIHANAH JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa hasil belajar keterampilan menyimak siswa kelas V sekolah dasar masih rendah. Sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam menentukan tema dan menuliskan kembali cerita dengan kata-katanya sendiri. Faktor penyebabnya adalah guru tidak menggunakan media pembelajaran. Guru hanya membacakan teks cerita rakyat, kemudian menyuruh siswa mengerjakan tugas. Oleh karena itu, peneliti berupaya melakukan perbaikan dengan menggunakan media audio visual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak dua siklus, dan tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan pada I yaitu 71,8 dan pada siklus II meningkat menjadi 88,3. Sementara itu, ketuntasan belajar menyimak cerita dengan menggunakan media audio visual siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I ketuntasan mencapai 68% dan pada siklus II ketuntasan mencapai 84%. Kendala-kendala yang dihadapi adalah suasana kelas kurang kondusif, siswa kurang aktif, dan pengelolaan waktu. Cara mengatasinya dengan pengkondisian kelas yang baik, memberikan motivasi agar siswa lebih aktif dan pengaturan waktu pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita siswa kelas VB SDN Manukan Kulon II/499 Surabaya.

Kata Kunci: media audio visual, keterampilan menyimak cerita.

 

Abstract: Based on the observation result show that the scrutinize skill learning result of student Class V of Elementary School stil low. Student  experience problem on decide theme and rewrite story with their own sentences. The cause factor is teacher did not utilize learning media. Teacher only read folklore text then ask student to perform a task. Therefore, researcher try to carry out an improvement by applying audio visual media.  This research is an class action research that consisted of two cycles and each cycle consisted by planning stage, execution and observation, and reflection. Data collection technique in this research applying observation, test, dan field note. Research result show that teacher activity experience improvement whereas on first cycle as big as 71.8 amd on the second one increase to 88.3. Meanwhile, learning completeness on scrutinize story by using audio visual of student experience improvement whereas on first cycle as big as 68% amd on the second one increase to 84%. Problems which experienced is class atmosphere that less conducives, inactive student nad time management. The solution is by carry out class conditioning, give motivation to make student more active and time management scheduling. It can be conclude that the utilization of audio visual media can increase story scrutinize skill on student Class VB of Elementary School at Manukan Kulon II/499 Surabaya.

Keywords: audio visual media, story scrutinize skill.

 

Published
2013-06-11
Abstract Views: 121
PDF Downloads: 664