PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT RESMI SISWA SEKOLAH DASAR

  • ANA MASRUROH JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar di kelas dalam model pembelajaran langsung. Penelitian ini dilakukan dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini  adalah kelas VI SDN Singopadu Tulangan Sidoarjo dengan jumlah siswa 21 orang. Data penelitian dianalisis secara kualitatif. Peningkatan yang dapat diamati dari menerapkankan model pembelajaran langsung adalah siswa lebih aktif dalam belajar, mudah dalam memahami materi ajar karena siswa dapat mempelajari secara langsung dengan model pembelajaran yang inovatif sehingga suasana belajar siswa lebih aktif dan menarik. Adapun hasil belajar siswa dalam menulis surat resmi  pada tiap – tiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I persentase ketuntasan belajar siswa adalah 76% dan 90% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran yang diterapkan oleh peneliti dalam meningkatkan keterampilan siswa menunjukkan menulis surat resmi sangat efektif dan mudah diterapkan di Sekolah Dasar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran langsung dapat meningkatkan keterampilan menulis surat resmi siswa kelas VI SD.

Kata Kunci: model pembelajaran langsung, keterampilan menulis surat resmi.

 

Abstract: The purpose of this study was to describe the learning activities in the classroom learning models directly. At this penelitiaan do Classroom Action Research (CAR). Subjects in this study is class VI SDN Singopadu Tulangan Sidoarjo guy with the number of 21 students. Data observation learning activity that will be analyzed qualitatively. Result of research shows that feasibility the direct learning model is more active in student learning, easy to understand teaching materialsfor students can be seen directly with the media presented so that an atmosphere of learning students are more active and interesting. And than that learning students into writing formal letter achievement on the civics eachs cycle has increased. I cycle on the percentage of completeness of student learning was 76% and 90% in II cycle. This is from the research results show that the to improve students' ability to demonstrate the skill writing formal letter highly effective and easily implemented in elementary schools. It could be argued that the application of learning models directly can improve skill writing formal letter student of class VI in elementary schools.

Keywords: the teaching direct learning model, skill formal letter.

Published
2013-06-11
Abstract Views: 7
PDF Downloads: 57