PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN IMPLEMENTASI MULTIMEDIA KE DALAM BENDA KONKRET MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STAD DI SEKOLAH DASAR

  • ANGGA DEDY SETYAWAN JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Implementasi Multimedia kedalam Benda Konkret Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Materi Bangun Datar ini dilatar belakangi permasalahan-permasalahan yang telah ditemukan dikelas oleh peneliti, setelah diobservasi diperoleh hasil bahwa siswa kurang mengerti tentang bentuk-bentuk bangun datar, siswa tidak bisa menyebutkan bagian-bagian pada bangun datar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi sifat-sifat Bangun datar menunjukkan bahwa lebih dari 50% dari jumlah siswa mendapatkan nilai dibawah KKM yaitu <68. Alternatif solusi yang dapat diambil guru adalah mengimplementasikan multimedia kedalam benda Konkret. Multimedia ini digunakan sebagai petunjuk atau informasi dalam kegiatan pembelajaran karena pembelajaran anak usia SD harus disesuaikan dengan tahap berfikirnya yaitu operasional Konkret, jadi penggunaan multimedia tersebut harus dilengkapi dengan benda Konkret. Tujuan peneliti meningkatkan aktivitas guru dan aktivitas  siswa serta meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang dipergunakan  dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif. Penelitian ini menggunakan  rancangan penelitian tindakan kelas atas dua siklus dimana satu siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Multimedia kedalam BendaKonkret melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team-Achievement Division) dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa serta hasil belajar siswa. Pada siklus I aktivitas guru mendapatkan persentase 55,73%,  aktivitas  siswa  mendapatkan persentase  55,85%, dan ketuntasan belajar siswa mendapatkan persentase 34,21%. Pada siklus II aktivitas guru mendapatkan persentase 85,42%, aktivitas siswa  mendapatkan persentase 80,65% dan ketuntasan belajar siswa mendapatkan persentase 73,63%. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa Implementasi Multimedia kedalam BendaKonkret melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team-Achievement Division) dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa serta hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Objek konkret multimedia, pembelajaran kooperatif model tipe STAD, hasil belajar.

 

Abstract: Implementation of Multimedia into Concrete Object Through Cooperative Learning Model Type STAD on This flat was back grounded by problems that have been found by researchers in class, after observed it gains the result that the students have a weak understanding on the flat forms, students can not mention the parts or flat form and student study result mathematics subject properties on the flat form showed that more than 50% of the number of students get grades below the KKM <68.   Alternative solutions that can be taken is to implement a multimedia teacher into concrete objects. Multimedia is used as a guide or information within the learning activities since the learning of children of that is concrete elementary school must be tailored to the stage of their mind operations, so the use of multimedia should be equipped with concrete objects as in the concrete objects students can easily manipulate these concrete objects. This research was conducted with the aim of increasing the teacher activities and student activities, and improving student study result. The research method used in this research is descriptive quantitative. This study uses classroom action research design of two cycles where one cycle consist of two meetings. The results of research showed that by the implementation of interactive multimedia through cooperative learning model type STAD (Student Team-Achievement Division) may increase the teachers activities, student activities and student study result. In the first cycle, teachers activities get percentage 55.73%, the student activities  55.85%  and mastery learning of students get percentage  34.21%. In the second cycle teachers activities gets percentage 85.42%, student activities get percentage 80.65% and mastery learning of students get a percentage 73,63%. The conclusion that can be drawn from this study is that the implementation of interactive multimedia through cooperative learning model type STAD (Student Team-Achievement Division) may increase the teachers activities, student activities and student study result.

Keywords: Multimedia into Concrete Object, cooperative learning model type STAD (Student Team-Achievement Division), study result.

Published
2013-06-11
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 22