PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA SEKOLAH DASAR

  • ANGGA DWI CAHYA PUTRA JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak Penggunaan media gambar grafis dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa sekolah dasar dilatar belakangi rendahnya keterampilan menulis puisi pada siswa sekolah dasar. Hal itu disebabkan oleh pembelajaran yang dilakukan guru pada menulis puisi tidak menggunakan media yang menarik. Guru selalu menyampaikan hakikat puisi dan contoh-contoh puisi. Sehingga banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menulis puisi. Karena dalam pikirannya belum memiliki objek yang jelas untuk dipuisikan. Hal ini ditunjukan dengan persentase ketuntasan KKM pembelajaran menulis puisi hanya 59%. Diharapkan penggunaan media gambar grafis pada pembelajaran menulis puisi dapat mengatasi permasalahan yang ada. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas kolaboratif bersiklus dengan berpendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur dalam penelitian tindakan ini terdiri atas tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, refleksi yang bersifat daur ulang atau siklus yang terdiri atas dua siklus, yaitu siklus I dengan media gambar grafis berupa gambar pemandangan pegunungan. Sedangkan pada siklus II dengan media gambar grafis berupa gambar pemandangan pantai. Data dalam penelitian ini diperoleh menggunakan teknik (1) observasi, (2) tes, dan (3) catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukan skor pelaksanaan pembelajaran pada siklus II lebih baik dari pada siklus I. Persentase ketuntasan klasikal menunjukan siklus II lebih baik dari pada siklus I. Masih ada kendala-kendala yang muncul pada siklus I, namun sudah tidak ada pada siklus II. Kendala-kendala yang terjadi dapat diatasi dengan baik. Dapat disimpulkan pembelajaran menulis puisi pada siswa sekolah dasar dapat diajarkan dengan menggunakan media gambar grafis.

Kata Kunci: media, gambar grafis, keterampilan menulis, puisi.

 

Abstract: The use of graphic images in the media of learning to write poetry unskilled background writing poetry in student Elementary School because in learning to write poetry do not use media interest. Teachers always convey the essence of poetry and poetry examples. So many students have difficulty writing poetry because they do not know the steps in writing a poem. This is indicated by the percentage of completeness criteria of minimal mastery learning to write poetry only 59%. Expected use of graphic images in the media of learning to write poetry to cope with existing problems. Based on the description, learning to write poetry using graphic images intended for the media; know how the teacher during the learning activities using media graphic images to enhance the ability to write poetry, knowing improving student learning outcomes in writing poetry using graphic image media, knowing what obstacles that arise and how to overcome them during the process of learning to write poetry using graphic image media. The study used a collaborative classroom action research cycle with qualitative and quantitative approaches. The procedures in this action research consists of the stages of planning action, action, observation, reflection is recycled or cycle consists of two cycles, the first cycle with the media graphical image is an image view of the mountains. While on the second cycle with media graphic image is an image view of the beach. The results showed a score of the lesson in the first cycle the first meeting of the second meeting of 77.3 and 70.7 in the second cycle the first meeting of the second meeting 83 84. The percentage of 65% completeness cycle I and cycle II 84.2%. There are still obstacles that appear in the first cycle, but is not there on the second cycle. It can be concluded learning to write poetry Elementary School fifth grade students Elementary School can be taught by using graphic image media.

Keywords: media, graphics, writing, poetry.

 

Published
2013-06-11
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 305