PENERAPAN STRATEGI QUANTUM WRITING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA SEKOLAH DASAR

  • ANTONIUS ALAM WICAKSONO JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Penelitian ini didasarkan pada rendahnya keterampilan menulis narasi  siswa. Kenyataan ini terjadi karena materi yang disampaikan masih bersifat konvensional tanpa mendapatkan informasi yang teraktual dan pembelajaran didominasi oleh guru, sehingga pembelajaran berpusat pada guru. Dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis narasi siswa melalui strategi Quantum Writing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan teknik analisis data diskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Instrumen yang digunakan lembar observasi, tes dan cacatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan keterampilan menulis narasi mengalami peningkatan di setiap siklusnya dan memenuhi indikator keberhasilan..

Kata Kunci: bahasa Indonesia, keterampilan menulis narasi, strategi Quantum Writing.

 

Abstract: The research was based on students' lack of narrative writing skills. Due to the material presented is still conventional without getting the actual information and learning dominated by the teacher, so it made teacher-centered learning. With the purpose to know the increasing of students' narrative writing skills through Quantum Writing strategy. This research is a classroom action research using descriptive qualitative and quantitative data analysis techniques. This research consists of two cycles. The Instruments that used was observayion, test sheets and field note. The results research showd that the student’s ability of narrative writing skills has increased in each cycle and fulfill the success indicator.

Keywords: Indonesian leaunguage studies, narrative writing skills, Quantum Writing strategy.

Published
2013-06-11
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 256