PENGGUNAAN MEDIA PAPAN FLANEL UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

  • APRELIA EKA SUSANTI JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Pembelajaran IPS di SD menuntut para guru untuk menggunakan media yang dapat menarik perhatian siswa. Kurangnya penggunaan media dalam kegiatan belajar mengajar menjadi kendala dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi masalah ini maka dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media papan flanel.Penggunaan media papan flanel dalam pembelajaran IPS ini diharapkan dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar siswa  kelas IV di Sekolah Dasar terhadap materi IPS setelah mereka diajar dengan menggunakan media papan flanel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PTK. Setelah dilakukan PTK hasilnya menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas IV di Sekolah Dasar. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh 63,83 dan persentase ketuntasan belajar siswa 63,33%. Sedangkan  pada siklus II, hasil belajar siswa memperoleh nilai rata-rata 64,33 dengan persentase ketuntasan belajar siswa adalah 66,67%. Pada siklus III terjadi kenaikan hasil belajar siswa yang signifikan dengan nilai rata-rata 79,67dengan persentase ketuntasan belajar siswa 83,33%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa secara keseluruhan pelaksanaan pembelajaran IPS melalui penggunaan media papan flanel pada siklus I, siklus II, dan siklus III dinyatakan berhasil..

Kata Kunci: IPS, media papan flanel, hasil belajar.

 

Abstract: Learning social studies in elementary school requires teachers to use media that can attract the attention of students. Lack of use of media in teaching and learning activities to be obstacles in the learning process. To overcome this problem, the learning is done using the media board flannel board flanel.Penggunaan media in teaching social studies is expected to help improve student learning outcomes This study aims to determine whether there is an increase in student learning outcomes in elementary school fourth grade of the material after they taught social studies using a flannel board media. The method used in this study is the method of PTK. After the PTK results showed an increase in student learning outcomes in elementary school fourth grade. The average value of student learning outcomes in the first cycle obtained 63.83 and percentage of 63.33% mastery learning students. While in the second cycle, the learning outcomes of students gained an average value of 64.33 with student mastery percentage is 66.67%. The third cycle an increase in student learning outcomes significantly with an average value of 79.67 with a percentage of 83.33% mastery learning students. The conclusion of this study is the result of the implementation of the overall student learning through the use of media social studies flannel board in the first cycle, second cycle and third cycle declared successful.

Keywords: Social studies, media flannel boards, learning outcomes.

 

 


Published
2013-06-11
Abstract Views: 38
PDF Downloads: 96