PENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR

  • ARYA SETYA NUGROHO JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi siswa mengalami kesulitan dalam penguasaan konsep. Dikarenakan guru menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran, memberikan materi konsep sebatas materi yang ada, mendominasi pembelajaran, guru menyampaikan materi konsep secara langsung. Solusi untuk permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran konsep. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan aktivitas guru dan siswa, hasil belajar penguasaan konsep, dan respon siswa terhadap model pembelajaran konsep. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas terdiri dari tiga siklus. Instrumen yang digunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, tes, dan lembar angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar penguasaan konsep siswa, aktivitas guru dan siswa, serta respon siswa mengalami peningkatan di setiap siklusnya dan memenuhi indikator keberhasilan.

Kata Kunci: Pembelajaran IPS, Penguasaan Konsep, Model Pembelajaran Konsep

 

Abstract: The background of this research that the students have difficulty in governance the concept. The reasons of students' difficulties in governance the concept are because teachers use the speaking method in teaching, the teacher gives the concept of limited available materials, dominate the learning, and teachers deliver the material concept directly.. The solution to this problem is by apllying the concept learning model. The purpose of the study was to find out how to increase the students' learning outcomes of governance learning concept, teacher and students activity also student responses of the concept learning model. This study used classroom action research method consists of three cycles. The Instruments that used were observation activity sheets and student teachers tests, and a questionnaire sheet. The data analysis technique used is descriptive qualitative and quantitative. The resultsof the study showed governance of the concept of student’s learning outcomes, teacher and students activity also student responses has increased in each cycle and fulfill the success indicator.

Keyword: Social subject learning, Concept Governance,  Concept Learning Model


Published
2013-06-11
Abstract Views: 409
PDF Downloads: 589