PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR TEMA LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR SDN LEBANI SUKO WRINGINANOM

  • ATIK TRIYUNI HANDAYANI JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Penelitian ini berangkat dari tidak meratanya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik yang dianut paradigm lama dalam pembelajaran. Siswa yang menonjol di bidang akademik akan semakin menunjukkan kemampuan dan siswa yang tidak menonjol di bidang akademik semakin tenggelam. Sesuai dasar pemikiran tersebut, maka perlu solusi untuk mengatasinya adalah menerapkn pembelajaran kooperatif tipe group investigation.dan tujuan penelitian ini untuk mengkaji aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran tematik dengan mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan mengaji hasil prestasi pelajar siswa dalam pembelajaran tema sebelum dan sesudah diterapkn model pembelajarn kooperatif tipe group investigation ( GI). Tematik merupakan pembelajaran yang disempurnakan untuk pembelajaran pada tingkat nasional sekolah yang berperan mengutamakan sifat teoritik dalam kehidupan nyata di masyarakat. Model pembelajaran kooperatif yang mengelompokkan 5 – 6 siswa heterogen dengan mempertimbangkan keakraban, dan minat siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Lebani Suko Wringinanom yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode observasi tes. Hasil prestasi belajar siswa mengalami peningkatan slama 2 siklus pembelajaran, dengan prestasi ketuntasan 53.33 %  pada siklus 1. 86.66 % pada siklus II. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil prestasi belajar siswa kelas II pada pembelajaran tema lingkungan.

Kata Kunci: Pembelajaran tematik, Model kooperatif tipe GI, Hasil belajar.

 

Abstract: This study departs from the unequal distribution of student learning outcomes in thematic learning as espoused in the old paradigm of learning. Students who stand out in academics will be more prominent and students who did not stand out in academics increasingly drowned. Appropriate rationale, it is necessary solutions to overcome them. The solution is a cooperative learning type GI. And the purpose of this research is to examine the activities of teachers and students in thematic learning achievement using cooperative learning model type group investigation and assess student achievement results in thematic learning before and after the implement cooperative learning model type investigation group (GI). Thematic is perfected in learning for learning at the school level, that contribute to the functioning of the social sciences that are teoritif in real life in the community. Type of cooperative learning model G1 is a group cooperative learning model heterogeneous 5-6 students by considering students' familiarity and interest, then the investigation formulate and agree on the division of labor to handle the investigation of concepts that have formulated a method of learning.  Subjects in this study were second grade students of SDN lebani Suko totaling 30 students. The results of student achievement has increased for 2 cycles of learning, with the percentage of completeness 53.33% in cycle I, 86.66% in cycle II. From the results it can be concluded that cooperative learning model type G1 can improve student learning outcomes in grade 2 thematic learning.

Keywords: thematic, learning cooperative type (GI), study result.

 

Published
2013-06-11
Abstract Views: 119
PDF Downloads: 57