PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DI SEKOLAH DASAR

  • AZIZ HARGO SOFYANTORO JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak : Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya keterampilan sosial siswa pada mata pelajaran IPS khususnya pada kelas V SDN Semambung Sidoarjo. Guru hanya menjelaskan materi dengan ceramah, menggunakan buku paket sebagai media pembelajaran, dan siswa membaca buku paket sehingga siswa hanya menjadi pendengar tanpa terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran dan tidak ada interaksi belajar antara siswa dengan siswa dalam kerjasama. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan keterampilan sosial siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT), serta mengetahui bagaimana peningkatan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran ini dan respon yang diberikan siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan angket. Aktivitas guru mengalami peningkatan selama tiga siklus, pada siklus I yaitu 68%, pada siklus II meningkat 73,33% dan pada siklus tiga menjadi 88%. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa dari siklus I sampai siklus III yaitu 67,14%, 72,86%, dan 84,29%. Keterampilan sosial siswa mengalami peningkatan pada siklus I mencapai 59,22% pada siklus II mencapai 74,02%, dan meningkat pada siklus III menjadi 84,02%. Respon yang diberikan siswa pada siklus I sampai siklus III yaitu 65,12%, 74,16% dan 82,98%. Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa  pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Semambung Sidoarjo.

Kata Kunci: Pembelajaran IPS, Keterampilan Sosial, TGT

 

Abstract : The background of this research was the low of student’s social skill on social science especially on fifth grade student of SDN Semambung Sidoarjo. Teacher explaining the matter only by lecture, using text book as learning media, and student read the text book so they only become audience without actively involved on learning activity and there is no learning interaction between and student in cooperation. The aim of this research are to find out how is the improvement of student’s social skill after following learning by applying cooperative learning model type Teams Games Tournaments (TGT), and to find out the improvement of teacher and student activity on the learning and respond that given by students. These research applying class actions research. Data collection technique using observation method and questioner. Teacher activity experience during three cycles, on first cycle is 68%, on second cycle increase to 73.33% and n the third cycle become 88%. Improvement also happening on student activity from first cycle until third cycle namely 87.14%, 72.86%, and 84.29%. Student’s social skill also experience improvement on first cycle achieve 59.22% on second cycle achieve 74.02% and improve to 84.02% on third cycle. Respond that given by student on first cycle until third cycle namely 65.12%, 74.16%, and 82.98%. It can be concluded that the application of cooperative learning model type Teams Games Tournaments (TGT) is able to improve student’s social skill on social science subject of fifth grade student of SDN Semambung Sidoarjo. Keywords: social science learning, social skill, TGT

Published
2013-06-11
Abstract Views: 47
PDF Downloads: 49