PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR DI SEKOLAH DASAR

  • DANANG SUCAHYO JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Penelitian ini berlatar belakang karena proses pembelajaran yang dilakukan guru kelas 3 SDN Sembung, Sukorame Lamongan belum menggunakan pembelajaran tematik. Guru menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi. Pembelajaran cenderung berorientasi pada guru, sehingga kurang terjalin interaksi antara guru dengan siswa, dan siswa dengan siswa. Guru melakukan kegiatan pembelajaran yang monoton dan kurang ada inovasi-inovasi baru seperti tanpa penggunaan media pembelajaran. Pembelajaran seperti itu menimbulkan tidak adanya semangat dan motivasi siswa dalam mengikuti proses kegiatan belajar mengajar di kelas. Hasil belajar siswa juga belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan. Oleh karena itu, solusi yang sesuai untuk mengatasi masalah tersebut dngan menggunakan media puzzle dalam pembelajaran tematik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran tematik dengan menggunakan media puzzle dan mengkaji pengaruh penggunaan media puzzle terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Pembelajaran yang dilakukan menggunakan tema pekerjaan dengan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dan Bahasa Indonesia. Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang menggunakan tema tertentu untuk memadukan beberapa materi pembelajaran. Sedangkan media puzzle selain menarik dan dapat memusatkan perhatian siswa, manfaat media puzzle adalah melatih nalar atau dapat menggali kreatifitas siswa dalam mengenal jenis-jenis pekerjaan dan dalam pembuatan puisi. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 SDN Sembung, Sukorame Lamongan yang berjumlah 25 siswa. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase aktivitas guru mengalami peningkatan 71,8% pada siklus I dan menjadi 88% pada siklus II. Aktivitas siswa mengalami peningkatan 73,2% pada siklus I dan menjadi 89,2% pada siklus II. Hasil tes menulis puisi mengalami peningkatan 63% pada siklus I dan menjadi 88% pada siklus II. Hasil tes tentang jenis pekerjaan mengalami peningkatan 63% pada siklus I dan  menjadi 88% pada siklus II. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media puzzle pada pembelajaran tematik tema pekerjaan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 SDN Sembung, Sukorame Lamongan.

Kata kunci: media puzzle, pembelajaran tematik, tema pekerjaan, hasil belajar

 

Abstract: This research’s background is because the teaching learning process which is done by the teachers in the third grader in state elementary school Sembung, Sukorame, Lamongan is not using thematic method yet. The teachers use the conventional method or only explaining and talking in front of the class in deliver the material. Teaching learning prefer on the orientation of teacher-centered, making the less interaction between the teachers and the students, also among the students. Teachers just held the monotone teaching learning activity and do not make innovations in learning, e.g. using media. Those kind of teaching learning activities give the impact of the lack of enthusiasm and motivation of the students to attend the teaching learning in the class. The students’ study result is not achieve the objectives yet. Because of that, the appropriate solution to overcome those problems are using puzzle as media in thematic teaching learning. The purpose of this research is to evaluate teachers’ and students’ activities in teaching learning process using thematic method in using puzzle as media, also to evaluate the influence of using puzzle as media to enhance students’ study result. The teaching learning which is done is using occupation theme in the subject of social and indonesia language. Thematic teaching learning is a teaching learning using the particular theme to balance several materials. Puzzle media is not only to arouse the students’ attention, but also it can train the logical thinking or explore the students’ creativity in knowing man kind of occupations and making poetry. The target of the research is the third grade students of state elementary school Sembung, Sukorame, Lamongan in a number of 25. The kind of research was used is descriptive qualitative and descriptive quantitative. The data collection is using observation method and the students’ study result. The research result shows that the percentage of teachers’ activities increase from 71,8% in the cycle I become 73,2% in the cycle II. The students’ activities increase from 73,2% in the cycle I become  89,2% in the cycle II. The test result about kinds of occupation increase from 63% in the cycle I become 88% in the cycle II. From the results above, it can be concluded that the using of puzzle media  in thematic teaching of occupation to enhance the study result of the third grade students in state elementary school Sembung, Sukorame, Lamongan.

Key words: puzzle media, thematic teaching learning, theme of occupation, study result.

Published
2013-06-11
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 186