PENGGUNAAN MEDIA DENAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA ANAK SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR

  • DANIAR MEILIANA RAHAYU JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Menyimak merupakan salah satu keterampilan berbahasa Indonesia yang penting. Akan tetapi, siswa di sekolah dasar mengalami kesulitan dalam menyimak, karena kurangnya media pembelajaran yang tepat saat pembelajaran. Oleh karena itu, dilakukan penelitian dengan menggunakan media denah untuk pembelajaran menyimak cerita anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah yang ada dalam pembelajaran dengan menerapkan penggunaan media denah dalam pembelajaran menyimak cerita anak. Tujuan tersebut adalah mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menyimak cerita dengan menggunakan media  denah dan hasil belajar siswa dalam penggunaan media denah pada materi unsur cerita anak di kelas V sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan media denah mengalami peningkatan. Pada siklus I mencapai 63,33% dan pada siklus II mencapai 86,66%. Peningkatan tersebut merupakan peningkatan dalam hasil belajar pada akhir pembelajaran setiap siklus.

Kata Kunci: Hasil belajar, media denah, dan unsur cerita.

Abstract: Listening is one of the Indonesian language skills are essential. However, students in elementary schools have difficulty in listening, due to the lack of appropriate learning media during the lesson. Therefore, the research carried out by using the media plan in teaching for listening the children story. This research aim to address the problems that exist in learning by implementing the use of media plan in teaching for listening children story. The goal is to describe the implementation of learning listening story used a media plan and the learning outcomes of students in the use of media plans on the material elements of children story in elementary school fifth grade. The method used in this research is descriptive qualitative method. Results showed that the learning outcomes of students by using media plan also experiencing an increase in. In the first cycle, reached 63.33% and the second cycle reached 86.66%. The increase is an improvement in learning outcomes at the end of each cycle of learning.
Keywords: learning outcomes, media plan, and elements of the story.

Published
2013-06-11
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 351