PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TEMA LINGKUNGAN KELAS II SEKOLAH DASAR

  • DESSY RISMA INGGRITA JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi siswa masih pasif dalam proses kegiatan mengajar, belum adanya media yang digunakan untuk membantu siswa dalam memahami materi, pembelajaran yang dilakukan belum mengarah pada pembelajaran tematik. Solusi untuk permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan media gambar berseri dapat membantu meningkatkan kemampuan siswa dalam menyerap pelajaran yang disampaikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada tema lingkungan dengan menggunakan media gambar berseri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas II SDN Jajartunggal III Surabaya yang terdiri dari 35 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang masing-masing dilaksanakan satu kali pertemuan dengan setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan test. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi aktivitas guru, soal-soal evaluasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru, hasil belajar mengalami peningkatan di setiap siklusnya dan memenuhi indikator keberhasilan. Kata Kunci: Media Gambar Berseri, Hasil Belajar, Tematik

Abstract: The background of this study was because students were passive in the teaching process, there was no media used to help students understand the materials, the learning process did not aim to thematic learning. The solution for these problems was by using serial pictures to help increase the ability of the student in absorbing the lesson presents. The purpose of this study was to determine the improvement of student learning results on the theme of the environment by using serial pictures. This study was a classroom action research which the subjects were the students of class II of SDN Jajartunggal III Surabaya consisting of 35 students. The study consisted of two cycles, each of which held in two meetings with each cycle consisting of planning, execution and observation, reflection. Data collection techniques were by using observation and test method. The instruments used were observation sheets of teacher’s and students’ activities, evaluation questions. The results showed the activity of teachers, student activities, and learning results had increased in each cycle and meet the indicators of success.

Keywords: Serial Pictures Media, Learning Results, Thematics

Published
2013-06-11
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 15