PENGGUNAAN MEDIA FLASH PLAYER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR

  • DIAN FEBRIANA LESTARI JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Penelitian ini berlatar belakang karena dalam pembelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) guru kurang  memberikan inovasi dalam pembelajaran dan kurang memahami pengkondisian kelas dalam pencapaian keberhasilan suatu pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran IPS kadang masih kurang bermakna terhadap siswa yang disebabkan siswa atau guru selama proses pembelajaran.  Oleh sebab itu siswa kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru akibatnya hasil belajar siswa juga belum memenuhi ketuntasan maksimal yang ditentukan oleh sekolah. Kurangnya penggunaan media dalam kegiatan belajar mengajar menjadi kendala dalam  proses pembelajaran. Maka,  solusi yang tepat adalah dengan menggunakan media Flash Player untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis aktivitas guru dan siswa, menganalisis hasil belajar siswa dengan menggunakan media Flash Player pada mata pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Penggunaan media Flash Player dalam pembelajaran diharapkan akan lebih memberikan semangat dan pengetahuan baru pada siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dan berlangsung selama tiga siklus. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa, dan kendala-kendala yang dihadapi selama proses penelitian serta cara mengatasinya dalam pelaksanaan pembelajaran dengan penggunaan media Flash Player.  Dari hasil penggunaan media Flash Player ini terdapat peningkatan aktivitas guru mencapai presentase 86,25%, aktivitas siswa mencapai 88,75%, dan hasil belajarnya mencapai 89,74%. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Flash Player dapat meningkatkan hasil belajar IPS di Sekolah Dasar.

Kata Kunci : IPS, Media Flash Player, Hasil Belajar

Abstract: The background of this research was because in learning of Social Science in inovation from the teacher in learning was less and the teacher didn’t understand condition of class for getting success in learning. Social Science learning performing  sometime reducing wherewith to student because of student and also teacher up to learning process. So that the students can’t understand the subjects that given by the teacher and the result study can’t reach the maximum completeness that determined by the school. Lack of use of media in teaching and learning activities to be obstacles in the learning process.Therefore the best solution is to use Flash Player media to increase result study of student. The purpose in this research was to analyze the activities of the teacher and the students, to analyze the result study of student with using Flash Player media in social studies subject. Using Flash Player media in learning process will be expected to give spirit and new knowledge for the students. The type of research that used in this research was using Classroom Action Research (CAR) and which is done in three cycles. Classroom Action Research is aimed at describing the implementation of learning, student learning outcomes, and the constraints faced during the research process and in the implementation of learning how to cope with media use Flash Player. From the result of using Flash Player media, there are increasing teacher activity reached 86,25%, students activity reached 88,75%, and the result study reached 89,74%. Therefore, it can be concluded that the using Flash Player media to improve student learning outcomes in subject fifth grade social studies at Elementary School.

Keywords: Social Studies, Flash Player Media, Result Study

Published
2013-06-11
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 75