PENGGUNAAN MEDIA BAGAN GARIS WAKTU (TIME LINE CHART) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD

  • DINI YULI MITYASARI JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebagai ilmu terapan diharapkan mampu memberikan pengetahuan dan pemahaman untuk mempersiapkan siswa memasuki dunia sosial secara nyata dan objektif. Namun masalah yang dihadapi, hasil belajar  siswa masih kurang dari kriteria ketuntasan minimal (KKM). Adapun KKM yang ditentukan adalah 75. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatakan hasil belajar siswa. Pengamatan pada pelaksanaan penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan rata-rata aktivitas guru pada siklus I 89,55%, dan pada siklus II sebesar 94,79%, aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 80% menjadi 92% pada siklus II. Sementara itu, hasil belajar siswa mengalami peningkatan ditunjukkan nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 72 dan ketuntasan klasikal 75%, meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata kelas 79,5 dan ketuntasan belajar 90%. Penilaian afektif siswa mengalami peningkatan dari 81,56% pada siklus I, menjadi 90,935 pada siklus II. Demikan pula dengan penilaian psikomotorik siswa, meningkat dari siklus I sebesar 75,16% dan pada siklus II sebesar 89,06%. Siswa merespon penggunaan bagan garis waktu sebesar 74,17% pada siklus I dan meningkat menjadi 94,17% pada siklus II. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media bagan garis waktu dapat meningkatakan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Bagan Garis Waktu, Hasil Belajar, IPS

 

Abstract: Social Learning as an applied science are expected to provide knowledge and understanding to prepare students for the real social and objectively. However, problems encountered, student learning outcomes is still less than the totally minimum criteria. The totally minimum criteria is determined 75. This study aimed to increasing student learning outcomes. observations on the conduct of the study showed an increase in the average activity of teachers in the first cycle 89.55%, and the second cycle was 94.79%, the activity of students has increased from the first cycle of 80% to 92% in the second cycle. Meanwhile, student learning outcomes demonstrated increased the average value of the first cycle of classes in classical completeness 72 and 75%, increased in the second cycle with an average value of 79.5 and mastery learning class 90%. Affective assessment of students has increased from1.56% in the first cycle, a 90.935 on the second cycle. Even so it is with psychomotor assessment of students, an increase of 75.16% for the first cycle and the second cycle was 89.06%. Students respond to the use of a timeline chart of 74.17% in the first cycle and increased to 94.17% in the second cycle. of the results of this study concluded that the use of media to the timeline chart to greater learning activities and student learning outcomes.

Keywords: Time Line Chart, Learning Outcomes, Social Studies

Published
2013-06-11
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 14