PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN BALAS KLUMPRIK I/434 SURABAYA
Abstract
Abstrak: Strategi dan metode pembelajaran yang baik dan tepat sangat diperlukan untuk terciptanya kegiatan belajar mengajar IPA yang aktif, yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan observasi awal di kelas IV SDN Balas Klumprik I/434 Surabaya menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar masih tergolong rendah, yang ditandai dengan sedikitnya siswa yang mengajukan pertanyaan, mengemukakan pendapat/ gagasan maupun memberikan sanggahan/ tanggapan terhadap suatu pendapat/ gagasan yakni hanya sebesar 10%. Untuk itu perlu diterapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa yang salah satunya adalah melalui model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada proses belajar mengajar IPA melalui model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, implementasi tindakan, pengamatan, dan evaluasi/refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi : kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, aktivitas siswa dan kelompok dalam pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, dan hasil belajar siswa meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik yang diambil dari pemberian soal tes / kuesioner pada akhir siklus pembelajaran yang diambil dari setiap akhir pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa Aktivitas pembelajaran guru siklus I sebesar 68,8 % dan pada siklus II meningkat menjadi 93,8%. Aktivitas siswa dari siklus I siswa yang baik hanya sebesar 68 % pada siklus II meningkat sebesar 82 %. Aktivitas kelompok dari siklus I 50 % pada siklus II meningkat menjadi 90 %. Dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Balas Klumprik I/434 Surabaya setelah diterapkannya model pembelajaran berbasis masalah terjadi peningkatan pada siklus I sebesar 62,7% meningkat menjadi 85,3% pada siklus II. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pembelajaran IPA melalui model pembelajaran berbasis masalah.
Kata kunci : IPA, model pembelajaran berbasis masalah, aktivitas dan hasil belajar siswa.
Abstract: A good an appropriate method and strategy in learning is needed to create an active study and learning science activity. That it will hope to increase the result of students learning. Based on the first observation in fourth grade of SDN Balas Klumprik I/434 Surabaya, shows that the grade of student activities in learning and teaching activity is still low. It is only about 10% students that can give some questions, give suggestion or idea or may be give a reaction and protest to an idea. For those, it is necessary to raise the result of student ability, and one of them is through method of study based on the problem. The purpose of this research is for knowing the raising of activity and the student result in learning and teaching science through study that based on the problm process. This class action of research was done in two cycles, that each of those cycles have plan stage, action of implementation, observation and reflection or evaluation. The result of the data in this research includes : Teacher’s ability to learning manage that taken from observation sheet, students activities, and a group, and the result of student learning includes : cognitive aspect, affective and psycomotoric that taken from question or questioner in the end of cycles learning in every last meeting. Based on this research, the activity of teacher’s learning in cycles I is 68,8% and has increase 93,8%. In cycles II student activity in cycle I, the best students are only 68% and has increase 82%, in cycle II. Students activity in cycle I is 50% and has increase 90% in cycle II. And the result of students learning on 4th grade in SDN Balas Klumprik I/434 Surabaya after learning based on problem applied, they have increasing at 62,7% in cycle I and 85,3% in cycles II. So the conclusion is the raising of significant activities and the result of students learning in science through study and learning based on the problem.
Key word : Science, study learning model based on the problem, activities, and result student learning.
PDF Downloads: 244