MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENJUMLAHKAN BILANGAN BULAT DENGAN MEDIA LINGKARAN 2(DUA) WARNA

  • EKO ARIES SUSANTO JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi siswa mengalami kesulitan dalam pemahaman konsep penjumlahan bilangan bulat. Dikarenakan guru menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran, memberikan materi konsep sebatas materi yang ada, mendominasi pembelajaran, guru menyampaikan materi konsep secara langsung sehingga siswa mengalami kesulitan dalam menjumlahkan bilangan positif dengan bilangan negatif. Solusi untuk permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan media lingkaran 2(dua) warna untuk menanamkan konsep penjumlahan bilangan bulat. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan aktivitas guru,  serta hasil belajar dengan menggunakan media lingkaran 2 warna. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus. Instrumen yang digunakan lembar observasi aktivitas guru, aktifitas siswa, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan aktifitas siswa, mengalami peningkatan di setiap siklusnya dan memenuhi indikator keberhasilan.

Kata Kunci: Hasil belajar, media lingkaran dua warna, dan bilangan bulat.

Abstract: This research background of students have difficulty in understanding the concept of integer addition. Because the teachers use the lecture method in teaching, providing limited concept material existing material, dominated learning, teachers convey the concept of direct material so that students have difficulty in summing positive numbers to negative numbers. The solution to these problems is by using media loop 2 (two) color to instill the concept of integer addition. The purpose of the study was to find out how to increase teachers' activities, and learning outcomes by using the media circle 2 colors. This study uses action research consisted of two cycles. Instruments used teacher observation sheet activities, student activities, and tests. The data analysis technique used is descriptive quantitative. Results showed student learning outcomes, teacher activity and student activity, has increased in each cycle and meet the indicators of success.

Keywords: learning outcomes, media circles two colors, and integers.


Published
2013-06-11
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 102