PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM TEMA LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

  • ELKE WIDYA PUTRI JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Menulis merupakan suatu kegiatan yang produktif dan ekspresif.Menulis salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa.Di sekolah dasar keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan yang ditekankan pembinaannya, di samping membaca dan berhitung.Oleh karena itu pembelajaran menulis perlu mendapat perhatian dari para guru.Dari hasil pengamatan diketahui penyebabnya yaitu belum digunakannya media sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi dan belum pahamnya siswa tentang keterampilan menulis.Untuk mengatasinya, salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa yaitu dengan menggunakan media gambar  dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini antara lain :1.Mendeskripsikan aktivitas pembelajaran guru kelas III  dengan penggunaan media gambar dalam tema lingkungan. 2. Mendeskripsikan penggunaan media gambar dalam kegiatan belajar mengajar dalam meningkatkan hasil belajar menulis puisi siswa kelas III. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus.Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan pengamatan, tes, dan catatan lapangan.Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam pembelajaran.Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan aktivitas guru dalam proses pelaksanaan pembelajaran pada siklus I aktivitas guru mencapai 71,6% mengalami peningkatan menjadi 85% pada siklus II.Kemampuan menulis puisi siswa  siklus I sebesar 45% mengalami peningkatan menjadi 89% pada siklus II. Rata-rata nilai kemampuan menulis siswa siklus I sebesar 62,5 meningkat menjadi 81,3 pada siklus II.Hal ini membuktikan bahwa dengan memanfaatkan media gambar dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya dalam kemampuan menulis puisi.

Kata kunci: Media gambar, Keterampilan Menulis Puisi.

 

Abstract: Writing is an activity that is productive and one expresive. Writing is one language skills that must be mastered by the primary students.In writing skills is one of the skills emphasized for them, in addition to reading and count learning. Therefore it is required attention from teachers . From the observation the cause is notusinga media as an attempt to improve the skills of writing poetry.To solve this problem , one of the efforts that can be done to improve students' skills of writing poetry is by using media images in learning. The purpose of this research include: 1.describe learning third grade teacher at SDN Bakung Bojonegoro with the use of media images on the theme of environment. 2. Describe the use of media images in teaching and learning activities to improve student’s learning outcomes poetry 3rd class SDN Bakung Bojonegoro. The study used a classroom action research (CAR), which is implemented in two cycles. Each cycle consists of four stages: planning, implementation, observation, and data collection techinique used observation, tests, and field note .Data has been collected is analyzed using quantitative and qualitative analysis techniques. The results showed an increase in learning. This is indicated by an increase in the activities of teachers in the implementation of the learning activities of teachers in the first cycle reaches 71.6% to 85% increase in cycle II. Writing skillin cycle Ifrom 45% to 89% increase in cycle II. The average value of the students' writing ability first cycle of 62.5 increased to 81.3 II.  It proves that the use of media images in the process of learning can improve student learning outcomes especially in the ability to write poetry.

Keywords: Media images, Poetry Writing Skil.


 

Published
2013-06-11
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 25