PEMANFAATAN MEDIA BENDA KONKRET PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

  • ERLINA DWI AYU NUGROHONINGDYAH JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Tujuan yang ingin dicapai adalah mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran berlangsung, meningkatkan hasil belajar matematika siswa setelah memanfaatkan media benda konkret dan mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi selama proses pembelajaran berlangsung. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil pelaksanaan pada siklus I adalah persentase pada aktivitas guru sebesar 75%, aktivitas siswa sebesar 73%, dan ketuntasan hasil belajar matematika siswa sebesar 70%, sedangkan yang tidak tuntas sebesar 30%. Hasil pelaksanaan pada siklus II adalah persentase pada aktivitas guru sebesar 89%, aktivitas siswa sebesar 86%, dan ketuntasan hasil belajar matematika siswa sebesar 90%, sedangkan yang tidak tuntas sebesar 10%.

Kata kunci: Media benda konkret, Matematika, dan Hasil Belajar Matematika Siswa

 

Abstract: The goal of this to describe the teacher and students activities during the learning process, to describe students score on mathematic by using concrete tool media, and to describe the obstacles during the learning process. The writer used Class Action Research. The implementation result in first cycle are teacher percentage activity is about 75%, students activity  73%, and the complete result of students learning about mathematic 70%, not complete about 30%. Then in second cycle are teacher percentage activity 89%, student activity 86%, and the complete result of students learning about mathematic 90%, not complete about 10%.

Key word: Concrete tool media, Mathematic and the students learning result on mathematic

Published
2013-06-11
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 120