PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS V SDN KEDUNG BARUK II/591 SURABAYA

  • ESTI MULYANINGDYAH JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Yang melatar belakangi peneliti mengadakan penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn khusunya kelas V SDN Kedung baruk II/591 Surabaya. Hal ini terjadi karena guru hanya menggunakan metode ceramah, kurang terbiasa menggunakan model pembelajaran inovatif yang melibatkan semua siswa aktif  dalam proses pembelajaran. Pembelajaran PKn tidak hanya menekankan pada pembelajaran materi saja tetapi melainkan berbagai aspek dalam interaksi sosial  dalam kelas adalah model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT). Pembelajaran kooperatif tipe NHT diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena model pembelajaran kooperatif tipe NHT membentuk kelompok belajar yang heterogen. Siswa paling sulit menerima perbedaan dalam kelompok sehingga diharapkan dengan menggunakan modelpembelajarankooperatiftipe NHT siswa dapat saling bekerjasama, saling menghargai satu sama lain dalam perbedaan. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT serta mengetahui bagaimana aktivitas guru dan siswa dan respon yang diberikan siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dilakukan melalui tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN kedung Baruk II/591 Surabaya yang berjumlah 36 siswa dengan jumlah laki-laki 20 siswa dan perempuan 16 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan test. Lembar observasi untuk mengamati aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa selama proses  pembelajaran dianalisis dalam persentase untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran. Aktivitas guru mengalami peningkatan selama tiga siklus, pada siklus I yaitu 61,54% pada siklus II meningkat 76,6% dan pada siklus III menjadi 90,38%. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa pada siklus I 63%, pada  siklus II 79,64%dan pada siklus III menjadi 88,46%. Hasil belajar siswa pun mengalami peningkatan dari data awal 36,11%, siklus I 55,56%, siklus II 75,86% dan siklus III 86,20%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SDN Kedung Baruk II/591 Surabaya.

Kata Kunci: Pendidikan PKn, Hasil Belajar, NHT.

 

 

Abstract: The background of the researchers conducting resaearch is the low learning result of students on civic education in particular fifth grade V SDN Kedung Baruk II/591 Surabaya. This happens because teachers use methods explanation, less accustomed to using innovative learning model that involves all students actively on the learning process. Civic education not only emphasize on learning course material but rather the various aspect of the interaction social. Model innovative learning model  Number Heads Together (NHT). Learning type NHT cooperative model expected to improve students social skills as type NHT cooperative learning model form study group heterogen. Students most difficult to accept the differences in the group that NHT model of learning excepted of students expected to cooperate with one another, respect one another in the differences. Acquisition of the study is to describe how to enhance learning result student after attending learning by using model Nmber Heads Together (NHT) and describe how these activities teachers and student is learning civic education. This study uses a classroom research used discriptive qualitative research approach. Carried through three cycles and each cycles of planning, implementation, observation, reflection. The subjects in this study were students of class V SDN Kedung Baruk II/591 Surabaya totaling 36 students by the number of men and women 20 and 16 students. Data collection techniquess used method of observation and test. Observation sheet to observe the activities of teacher, student activity and learning result student of studying during the learning procces  is analyzed as percentage. Activities of teachers has increased over the past three cycles, the first cycle is 61,54%, the 76,92% increase cycle II and  III  cycle to 90,38% . The increase also occured the student activity 63% in th first cycle, the second cycle 79,64% and third cycle to 88,46%. Result of learn also  has increased from 36,11% in early data, 55,56% in first cycle, second cycle and third cycle 75,86% reaching86,20%. It can be concluded that the application type Number Heads Together cooperatif learning model to enhance learning resultof students in the fifth grade civic education students SDN Kedung Baruk II/591 Surabaya..

Keywords: Civic Education, Learning Result Student, NHT.

Published
2013-06-11
Abstract Views: 7
PDF Downloads: 15