PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN TEMA KELUARGA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

  • EVA NIKO JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak : Hasil penelitian pada siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh persentase keterlaksanaan sebanyak 100 % dan mengalami peningkatan, pada siklus I pertemuan 1 aktivitas guru memperoleh skor ketercapaian 78,75 dan 90 pada siklus II. Pada siklus I pertemuan 2 aktivitas guru memperoleh skor ketercapaian 78,40 dan 89,7 pada siklus II.. Sementara itu, ketuntasan belajar klasikal hasil pembelajaran peran dan kedudukan keluarga siswa dengan menerapkan media puzzle mengalami peningkatan. Pada siklus I dalam mata pelajaran IPS mencapai 68,33% dan 82,4% pada siklus II. Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siklus I mencapai 62,8% dan 82,63 pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II.. Kendala-kendala yang dihadapi adalah suara guru yang kurang keras ketika menyampaikan materi, cara mengatasinya dengan meningkatkan suara agar lebih keras. Dapat disimpulkan bahwa media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN Gedongan 2 Mojokerto.

Kata kunci : media puzzle, hasil belajar, tema keluarga.

 

Abstract: The results in the first cycle and second cycle showed that the activity of the percentage of teachers earn as much as 100% and the enforceability of an increase, in the first cycle 1 meeting teachers' activity achievement of 78.75 and scored 90 in the second cycle. In the first cycle 2 activity meeting teachers obtain achievement scores 78.40 and 89.7 in the second cycle .. Meanwhile, the completeness of classical learning and the role of the learning outcomes of students by implementing a family standing puzzle media has increased. In the first cycle in the social studies reached 68.33% and 82.4% in the second cycle. In the Indonesian subjects in the first cycle reaches 62.8% and 82.63 on the second cycle. This suggests that an increase in student learning outcomes from the first cycle to the second cycle .. Constraints faced by the teacher is less harsh sound when presenting the material, how to cope with the increasing noise to be more loudly. It can be concluded that the media puzzle can improve student learning outcomes SDN Gedongan 2 class II Mojokerto.

Keywords: media puzzle, learning outcomes, family theme.

Published
2013-06-11
Abstract Views: 5
PDF Downloads: 29