PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH IPA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • EVI NUPITA JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Dalam kurikulum KTSP (Mulyasa 2007:110), menyatakan bahwa Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan yang dikaitkan dengan fenomena alam yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, pembelajaran IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi siswa untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keaktifan guru, keaktifan siswa, serta peningkatan hasil belajar dan keterampilan pemecahan masalah dalam proses belajar setelah diterapkannya model pembelajaran penemuan terbimbing pada siswa kelas V SDN 2 Sidomoro Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik. Pada penelitian ini dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang akan dianalisis secara kualitatif dengan subjek dalam penelitian ini adalah kelas V SDN 2 Sidomoro dengan jumlah siswa 37 orang dibagi menjadi 5 kelompok dimana kelompok 1 – 5 terdiri dari 6 – 7 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes tulis dan lembar tes uji kinerja. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah : data aktivitas guru, data aktivitas siswa, data penguasaan keterampilan pemecahan masalah, data hasil belajar, dan data penguasaan keterampilan pemecahan masalah melalui tes penguasaan keterampilan pemecahan masalah. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa pada tiap-tiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I keterampilan pemecahan masalah adalah 67,56%, dan siklus II 94,59% dan nilai hasil belajar siswa siklus I adalah 64,86% dan siklus II adalah 91,89%. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelaran penemuan terbimbing dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar dan keterampilan pemecahan masalah siswa kelas V SDN 2 Sidomoro Kec. Kebomas Kab. Gresik, khususnya dalam materi Sifat-Sifat Cahaya.

Kata Kunci: model pembelajaran penemuan terbimbing, hasil belajar, dan keterampilan pemecahan masalah.

 

Abstract: In SBC curriculum (Mulyasa 2007:110), states that the Natural Sciences (IPA) are associated with a way of knowing about nature systematically, so that not only the Natural Sciences mastery of knowledge in the form of a collection of facts, concepts or principles but also a process of discovery that is associated with natural phenomena occur in everyday life. Therefore, learning science is expected to become a vehicle for students to learn about themselves and the environment, as well as prospects for further development in applying it everyday. The purpose of this study was to determine the activity of teachers, student activity, and improving learning outcomes and problem solving skills in the learning process after the implementation of guided discovery learning model in 2 Sidomoro elementary school grade 5 district Kebomas Gresik. In this research, Classroom Action Research (CAR), which will be analyzed qualitatively with the subjects in this study were Grade 5 in 2 Sidomoro elementary school with the number of 37 students were divided into 5 groups where the group consisting of 1 to 5 consist of 6 until 7 people. Instrument who used in this research is the sheet tests write and sheet tests performance test. The data used in this study are: the data teacher activity, student activity data, the data acquisition problem-solving skills, learning outcomes data, and the data acquisition problem-solving skills through problem-solving skills mastery test. The results obtained show that the problem solving skills and student learning outcomes in each cycle has increased. In cycle 1 trouble shooting skills is 67.56 percent, and cycle 2 is 94.59 percent and the value of student learning outcomes cycle 1 is 64.86 percent and cycle 2 is 91.89 percent. Based on the data obtained from the results of the study showed that using the model pembelaran guided discovery can be a positive influence on learning outcomes and problem solving skills Grade 5 in 2 Sidomoro elementary school district Kebomas Gresik particularly in the material Properties of Light.

Keywords: learning model of guided discovery, learning, and problem solving skills.


Published
2013-06-12
Abstract Views: 385
PDF Downloads: 327