PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VCT (VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE) UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN NILAI MENGHARGAI JASA PAHLAWAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR

  • FAIRIZAH HARIS JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji aktivitas guru, siswa, kesadaran nilai menghargai jasa pahlawan siswa, serta mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan pembelajaran VCT (Value Clarification Technique). Peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dan lokasi penelitian ini adalah siswa SDN Semambung Sidoarjo yang berjumlah 34 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar penilaian  skala sikap, dan angket.Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa aktivitas guru, siswa, kesadaran nilai menghargai, dan respon siswa selama pembelajaran mengalami peningkatan yang signifikan selama tiga siklus dengan masing-masing  prosentase ketuntasan. Model pembelajaran VCT layak untuk diterapkan oleh guru.
Kata Kunci: Pembelajaran IPS, Model Pembelajaran VCT, Kesadaran nilai.

 

 

 

Abstract: The purpose of this research  was to assess the activity of teachers, students, awareness to appreciate the value of heroes service in self students, as well as describing the students' response to the implementation of VCT (Value Clarification Technique) learning. Researcher used Classroom Action Research (CAR)  methods. the subjects And the location of  research was students of  SDN Semambung Sidoarjo, amounting to 34  students. The instrument used in this research consisted of  sheet of observation teachers activities, sheets of observation of student activities, sheets of assessment attitude scale, and questionnaire .Technical data analysis used descriptive qualitative. The results showed that the activity of teachers, students, awareness of the value of respect, and the response of students for learning has increased significantly during  three cycles with their respective percentage of completeness. VCT learning model is worthy to be applied by the teacher.

Keywords: Social Studies,  Model VCT Learning, awareness value.

Published
2013-06-12
Abstract Views: 73
PDF Downloads: 1103