PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET PADA TEMA LINGKUNGAN UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

  • FEBRIANI NUR FATIMAH JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi siswa masih pasif dalam proses kegiatan mengajar, belum adanya media yang digunakan untuk membantu siswa dalam memahami materi, pembelajaran yang dilakukan belum mengarah pada pembelajaran tematik. Solusi untuk permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan media benda konkret dapat membantu meningkatkan kemampuan siswa dalam menyerap pelajaran yang disampaikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada tema lingkungan dengan menggunakan media benda konkret. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas 1-D SDN Jajartunggal III Surabaya yang terdiri dari 30 siswa. Penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan test. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi aktivitas guru dan siswa, soal-soal evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru mengalami peningkatan sebesar 19,54%. , aktivitas siswa mengalami peningkatan 17,86%, ketuntasan hasil belajar siswa dan nilai rata-rata mata mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. Dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan media benda konkret pada tema lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Media Benda Konkret, Hasil Belajar

 

 

Abstract: The background of this study was because students were passive in the teaching process, there was no media used to help students understand the materials, the learning process did not aim to thematic learning. The solution to these problems was by using concrete objects media which could help to improve students' ability in understanding the lessons delivered. The purpose of this study was to determine the improvement of student learning results on the theme of the environment by using concrete objects media. This study was a classroom action research which the subjects were the students of class 1-D of SDN Jajartunggal III Surabaya consisting of 30 students. The study with each cycle consisting of planning, execution and observation, reflection. Data collection techniques were by using observation and test method. The instruments used were observation sheets of teacher’s and students’ activities, evaluation questions. The results showed the activity of teachers an increase of 19.54%, student activities an increase of 17.86%,learning results and average value had increased in each cycle and meet the indicators of success. It could be concluded that the use of concrete objects media on the environmental theme to improve student learning outcomes.

Keywords: Concrete Things Media, Learning Results

Published
2013-06-12
Abstract Views: 48
PDF Downloads: 24