PENERAPAN STRATEGI PQ4R UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR

  • FIKRI ZAINUL AHMAD JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Pembelajaran membaca yang dilaksanakan guru di kelas  V C SDN Kebraon II/437 Surabaya masih jauh dari kata menyenangkan atau cenderung masih monoton. Siswa hanya membaca tanpa diikuti pemahaman secara menyeluruh terhadap isi bacaan, sehingga menjadikan pemahaman siswa masih rendah belum sesuai dengan kompetensi yang diharapkan dalam kurikulum.  Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktivitas guru dalam menerapkan strategi PQ4R untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V C SDN Kebraon II/437 Surabaya, hasil belajar membaca pemahaman siswa, serta kendala-kendala dan cara mengatasinya. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus, dan tiap-tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, serta refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes, dan catatan lapangan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan nilai ketercapaian aktivitas guru 76,04 pada siklus I menjadi 86,36 pada siklus II. Sementara itu, ketuntasan belajar klasikal hasil membaca pemahaman siswa juga mengalami peningkatan sebesar yaitu pada 65,71%  siklus I menjadi 85,71% pada siklus II. Kendala-kendala yang dihadapi pada siklus I dapat diatasi pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan startegi PQ4R dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V C SDN Kebraon II/437 Surabaya.

Kata kunci : Strategi PQ4R, keterampilan membaca, membaca pemahaman


Abstract: Learning to read in class the teacher held VC SDN Kebraon II/437 Surabaya was far from unpleasant or monotonous. Students only read without followed comprehension more thoroughly the the content of reading, so understanding of students is low does not meet expected competencies in the curriculum The purpose of the study was to find out how to increase teacher activity applying PQ4R strategy, the students' learning outcomes of, also problems and fix it. The design of this research is classroom action research (CAR) that performed on two cycles with planning, execution, observation and reflection stages. Data collection technique that applied are observation, test and field note. Data that have collected will be analyzed by qualitative and quantitative data. Research result on first cycle reached score 76.04 on second cycle up to 86.36. Meanwhile, classical learning completeness of reading comprehension result by applying PQ4R experience improvement, on first cycle reach score 65.71%, and on second cycle up to 85.71%. The problem that faced on first cycle reach can be fix it on  second cycle reach. It can be conclude that the application of PQ4R strategy is able to improve student reading comprehension skill on student Class VC of SDN Kebraon II/437 Surabaya.

Keyword: PQ4R Strategy, reading skills, reading comprehension

Published
2013-06-12
Abstract Views: 220
PDF Downloads: 285