PENERAPAN STRATEGI DIRECT READING THINKING ACTIVITY (DRTA) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V

  • HANIF FIKRI BARISKA JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Berdasarkan observasi yang dilakukan pada siswa kelas V SDN Pacarkeling 1/182 Suarabaya, ditemukan permasalahan membaca khusunya membaca pemahaman. Sebanyak 12 dari 25 siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM 70, jika depersentasekan yaitu sebensar 48%. Berkaitan dengan masalah tersebut maka Penelitian ini mengguanakan strategi DRTA dengan model PTK. Subyek yang diamati dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V. Teknik pengumpulan data yang diguanakan adalah teknik observasi, tes, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran mencapai 100% pada siklus I dan siklus II. Skor ketercapaian pada siklus I yaitu 84,3 dan siklus II yaitu 96,8 . Hasil belajar siswa menunjukkan ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 65,2% dan siklus II sebesar 90,9% dengan peningkatan sebesar 25,7%. Sedangkan rata-rata kelas pada siklus I sebesar 74,3 dan siklus II sebesar 89,7 dengan peningkatan sebanyak 15,4. Berdasarkan aindikator keberhasilan penelitian yang ditetapkan dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi DRTA dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Pacarkeling 1/182 Surabaya.

Kata Kunci: keterampilan membaca, membaca pemahaman, strategi DRTA

 

Abbstract: Based on observations made at the fifth grade students of state primary school Pacarkeling 1/182 Suarabaya, found problems reading especially reading comprehension. A total of 12 of the 25 students that scored below 70 KKM, if depersentasekan the sebensar 48%. The problems associated with the study was mengguanakan DRTA strategy with PTK models. Subjects were observed in this study were the teacher and student class V. Diguanakan data collection techniques are observation, testing, and field notes. Techniques of data analysis done with descriptive qualitative. The results showed feasibility study reached 100% in the first cycle and second cycle. Achievement scores in the first cycle is 84,3 and the second cycle is 96.8. Student learning outcomes showed classical completeness in the first cycle of 65.2% and 90.9% for the second cycle with an increase of 25.7%. While the average grade on the first cycle of 74.3 and 89.7 for the second cycle increase of 15.4. Based on research that determined the success aindikator can be concluded that the implementation of the strategy DRTA can improve reading comprehension skills of fifth grade students of state primary school Pacarkeling 1/182 Surabaya.

Keywords: reading skills, reading comprehension, strategy DRTA


 

Published
2013-06-12
Abstract Views: 100
PDF Downloads: 114