PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBENTUK CD INTERAKTIF MATA PELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR

  • HARUYATI - JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Penelitian ini berawal dari berdasarkan hasil refleksi diri terhadap proses pembelajaran IPS yang berlangsung di kelas IV SDN Wonorejo IV/315 ada permasalahan yaitu rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan kurang minatnya siswa pada materi yang disampaikan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran IPS dengan menggunakan media audio visual CD interaktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan tes.  Aktivitas guru mengalami peningkatan, pada siklus 1 yaitu 66,78 %  dan pada siklus II 85%. Aktivitas siswa mengalami peningkatan, pada siklus 1 yaitu 68,22% dan pada siklus II 87,5%. Hasil belajar siswa aspek kognitif mengalami peningkatan, pada temuan awal 31,22%, siklus I 71,87% dan pada siklus II yaitu 87,50%

Kata Kunci : Pembelajaran IPS, Media Audio Visual CD Interaktif, Hasil Belajar Siswa.

Abstract: This study originated from based on the results of self-reflection on the learning process that takes place in social studies class IV SDN IV/315 Wonorejo there are problems of student learning outcomes is low due to lack of interest in the material presented on the student teacher. The purpose of this study was to describe the activities of teachers, student activities and student learning outcomes for social studies learning by using audio-visual media interactive CD. The method used in this study is action research. Collecting data in this study using observation and tests. Teacher activity has increased, in cycle 1 was 66.78% and 85% in the second cycle. Activities of students has increased, in cycle 1 was 68.22% and 87.5% in the second cycle. Cognitive aspects of student learning outcomes have increased, the initial findings of 31.22%,

Keywords: Learning IPS, Audio Visual Interactive CD Media, Student Learning Outcomes.

Published
2013-06-12
Abstract Views: 5
PDF Downloads: 12