PENGENALAN TEKNIK PERSPEKTIF UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR BENTUK GEOMETRIS DI KELAS V-C SEKOLAH DASAR

  • HERA KUSTILAWATI JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Berdasarkan observasi yang dilakukan pada siswa kelas V SDN Babatan 1 Surabaya, ditemukan permasalahan dalam pembelajaran seni rupa khususnya materi menggambar bentuk. Siswa mengalami kesulitan dalam menggambar bentuk serta penggunaan teknik yang tidak sesuai sehingga hasil belajar siswa menjadi dibawah standar ketuntatasan minimal. Berkaitan dengan masalah tersebut maka penelitian ini memperkenalkan teknik perspektif untuk meningkatkan hasil belajar menggambar bentuk geometris. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan pengamatan, dan tes. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Babatan 1 Surabaya yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan tes dan observasi. Aktivitas guru meningkat dari siklus I 74,1% dan siklus II 87,4%. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran pada siklus I 73,3% dan siklus II 87,7%. Data hasil belajar siswa siklus I 66,6%, dan siklus II 88,8%. Dari hasil data di atas dapat disimpulkan bahwa pengenalan teknik perspektif dapat meningkatkan hasil belajar menggambar bentuk pada siswa kelas V pada mata pelajaran seni rupa di SDN Babatan 1 Surabaya.

Kata kunci: Menggambar bentuk, Teknik Perspektif, Seni Rupa.

 

 

Absrtact: Based on observations made at the fifth grade students of SDN Babatan 1 Surabaya, found problems in learning art especially drawing material form. Students having difficulty in drawing form and the use of inappropriate techniques so that student learning outcomes to be below the standard minimum completeness. In connection with the issue, this study introduces perspective techniques to improve learning outcomes to draw geometric shapes. This study uses the design of classroom action research (CAR), which is conducted in two cycles. Each cycle consists of four stages: planning, implementation, observation, and reflection. Data collection techniques used were the observations, and tests. Collected data were analyzed using quantitative analysis techniques. This study uses descriptive quantitative research design. Subjects in this study were fifth grade students of SDN Swipe 1 Surabaya consisting of 27 students. Techniques of data collection obtained by using tests and observation. Teacher activity increased 74.1% from the first cycle and second cycle of 87.4%. Activities of students during the learning process in the first cycle and second cycle 73.3% 87.7%. Student learning outcomes data first cycle 66.6%, and 88.8% the second cycle. From the results of the above data it can be concluded that the introduction of techniques to improve learning outcomes perspective drawing shapes in class V at art subjects in SDN Babatan 1 Surabaya.

Keywords: Drawing shapes, Perspective Technique, Fine Arts

Published
2013-06-12
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 559